Baca dalam 3 menit

10 Fakta Etika Makan di China

SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Wikimedia

Beijing, Bolong.id - Setiap negara punya budaya makan berbeda. Anda mungkin pernah mencicipi makanan Tiongkok di negara Anda, tetapi, dari sisi budaya terdapat perbedaaan dengan di negara asalnya.

Jika Anda akan merencanakan perjalanan ke Tiongkok, artikel ini akan membantu Anda mengetahui fakta dasar tentang budaya makan di Tiongkok.

Mari kita simak!

1. Di Tiongkok, orang selalu menggunakan sumpit untuk makan atau saat mengambil makanan, bukan dengan pisau dan garpu.

Jika Anda belum tahu cara menggunakan sumpit, penting untuk Anda mencari tahu dan mempelajari cara menggunakannya, serta mempelajari berbagai pantangan dalam pemakaian sumpit.

2. Mi gandum adalah makanan pokok utama di Tiongkok Utara, sedangkan nasi adalah makanan pokok di Tiongkok Selatan.

Restoran di Tiongkok Selatan juga menawarkan mie, tetapi biasanya mie yang terbuat dari beras.

3. Ketika makan bersama, biasanya nasi disajikan terpisah dalam mangkuk kecil.

Hidangan daging / sayuran disajikan di piring atau di mangkuk yang lebih besar, ditempatkan di tengah untuk dibagikan ke semua orang.

Tidak seperti di Indonesia, di Tiongkok nasi, sayur, lauk diletakkan dalam satu piring masing-masing (kecuali makan makanan cepat saji)!

4. Masakan Tiongkok bervariasi di seluruh wilayah di Tiongkok.

Ada banyak masakan daerah dengan rasa yang berbeda: pedas, manis, asam, hangat, dan lain-lain. 

5. Restoran biasanya menyediakan meja bundar untuk pengunjung lebih dari empat orang.

Lalu di sana terdapat papan atau kaca bundar di tengah meja (Lazy Susan), yang dapat berputar-putar, memungkinkan Anda untuk meraih setiap hidangan dengan mudah.

6. Kandungan Chinese food bermacam-macam dan terkadang mengejutkan orang asing.

Misalnya katak, kaki ayam, telinga babi, usus, daging anjing, dan lain-lain.

7. Di atas meja di rumah makan atau restoran Tongkok, biasanya tidak ada tempat garam atau merica, bahkan botol saus tomat.

Namun sebagai gantinya, Anda mungkin menemukan botol kecap, cuka, dan pasta cabai.

8. Beberapa restoran Tiongkok bisa jadi sangat bising dan berasap, di mana orang tidak mengontrol volume bicara atau merokok sembarangan; Padahal larangan merokok di tempat umum baru-baru ini diterapkan di beberapa daerah.

9. Apabila Anda makan di restoran Tiongkok, tidaklah perlu memberi tip untuk para pelayan restoran, karena biaya layanan sudah termasuk dalam harga makanannya.

10. Jika teman Tiongkok Anda meletakkan makanan di piring Anda, itu untuk menunjukkan kedekatan dan keramahan, bukan karena mereka tidak menginginkannya, atau berpikir Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Dewasa ini, hal ini lebih sering terjadi pada acara makan keluarga, di mana kaum muda memberikan makanan kepada orang yang lebih tua untuk menunjukkan rasa hormat. (*)

Terkait

culture

10 Fakta Etika Makan di China

  • Isna Fauziah
  • 07 Nov 2020
Logo follow bolong