Baca dalam 3 menit

15 Negara Gabung ke Asia-Oceania Group on Earth Observations

SHARE ARTIKEL

Simposium AOGEO 2019 - Image from Earth Observations

Beijing, Bolong.id - Lima belas negara di kawasan Asia-Oseania dan beberapa organisasi internasional telah berpartisipasi dalam Asia-Oceania Group on Earth Observations (AOGEO), ujar seorang ilmuwan Tiongkok.

Dalam Lokakarya AOGEO ketiga yang berakhir Sabtu (31/10/20) di Kota Changzhou Tiongkok Timur, Wang Qi'an, Direktur Pusat Penginderaan Jauh Nasional Tiongkok, mengatakan AOGEO kini telah menjadi kerangka kerja paling luas dan berbasis konsensus untuk kerja sama internasional di bidang observasi Bumi di kawasan Asia-Oceania.

Sebagai salah satu negara pendiri, Tiongkok adalah ketua bergilir dari Group on Earth Observations (GEO) tahun ini. AOGEO adalah salah satu dari empat grup GEO regional utama di dunia.

Tiongkok memainkan peran penting di kawasan Asia-Oceania, dengan jumlah satelit penginderaan jauh tertinggi kedua di dunia dan penerapan pengamatan Bumi bergeser dari penggunaan eksperimental ke layanan bisnis, kata Wang.

Aplikasi pengamatan bumi sangat dibutuhkan karena negara dan wilayah di kawasan Asia-Oseania menghadapi masalah perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan yang parah, kompleks dan beragam, kata Wu Yirong, Dekan Institut Penelitian Informasi Dirgantara di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Pertemuan online dihadiri lebih dari 100 perwakilan dari 16 negara dan beberapa organisasi internasional, sebagaimana dilansir dari Xinhua. (*)

Terkait

international

15 Negara Gabung ke Asia-Oceania Group on Earth Obse

  • Isna Fauziah
  • 02 Nov 2020
Logo follow bolong