Baca dalam 3 menit

Foto Ini Menarik Perhatian! Dampak Manusia terhadap Ekologi Dunia

SHARE ARTIKEL

Penguin rockhopper menjelajahi garis pantai terjal Pulau Mar - Image from Shine

Shanghai, Bolong.id - Pameran Khusus Foto Pers Dunia “Our World 2018-2020” dipamerkan di Galeri Seni Bund 18 Jiushi hingga 13 Desember 2020.

Dengan dukungan dari Konsulat Jenderal Belanda di Shanghai, pameran ini menampilkan foto dan cerita pemenang dari kategori Alam dan Lingkungan Kontes Foto Pers Dunia antara 2018 dan 2020.

Didirikan pada tahun 1955 oleh sekelompok fotografer Belanda untuk memaparkan karyanya kepada penonton internasional, kontes ini telah berkembang menjadi salah satu kompetisi fotografi paling bergengsi di dunia.

Menampilkan berbagai cerita visual - mulai dari anak gajah yang ditinggalkan di Kenya Utara hingga beruang kutub di lepas pelabuhan Arktik - pameran tersebut menyoroti dunia alam dan dampak manusia terhadap lingkungan.

Kisah hadiah pertama dari Kontes 2018 kategori Lingkungan oleh Kadir van Lohuizen menampilkan empat gambar, yakni truk sampah tiba di tempat pembuangan sampah di Lagos, Nigeria; sampah dikumpulkan di pusat kota Amsterdam, Belanda; pabrik daur ulang kertas di Tokyo, Jepang; dan plastik dalam perjalanan ke pabrik daur ulang di Brooklyn, New York.

Menurut penelitian Bank Dunia, manusia menghasilkan 3,5 juta ton limbah padat setiap hari, 10 kali lebih banyak dari seabad yang lalu. Tempat pembuangan sampah semakin menumpuk, dan Forum Ekonomi Dunia memperkirakan bahwa pada tahun 2050 jumlah plastik di lautan dunia akan melebihi volume total ikan.

Dilansir dari Shanghai Daily, foto-foto yang ditampilkan di pameran berfungsi sebagai dokumenter tentang sistem pengelolaan sampah di kota-kota di seluruh dunia, yang menangkap cara mereka mengelola atau salah mengelola sampah. (*)



SHARE ARTIKEL

Terkait

international

Foto Ini Menarik Perhatian! Dampak Manusia terhadap

  • Isna Fauziah
  • 23 Nov 2020
Logo follow bolong