Baca dalam 3 menit

"Grandpa Fei" Berusia 75 Tahun Ini Jadi Influencer Internet

Waktu Publish : 25 Nov 2020, 12:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Peng Guofei berpose untuk foto di Kotapraja Furong di Xiangxi Tujia dan Prefektur Otonomi Miao, Provinsi Hunan, Tiongkok tengah, 15 November 2020 - Image from Xinhua

Peng Guofei (kanan) merekam video pendek dengan rekannya Peng Chaowen di Kotapraja Furong di Xiangxi Tujia dan Prefektur Otonomi Miao, Provinsi Hunan, Tiongkok tengah, 15 November 2020 - Image from Xinhua

Hunan, Bolong.id - Seperti banyak pria seusianya, Peng Guofei, berusia 75, adalah kakek yang penyayang. Tidak seperti rekan-rekannya, dia juga penggemar berat streaming yang mendapatkan ketenaran di Internet.

"Saya 'Kakek Xiangxi Fei' untuk semua orang di Internet," kata Peng kepada Xinhua di rumahnya di Desa Yangmu di Xiangxi Tujia dan Prefektur Otonomi Miao, Provinsi Hunan, Tiongkok Tengah.

Membahas masalah sosial, memperkenalkan tempat wisata, dan menggembar-gemborkan makanan khas setempat, Peng telah menarik 161.000 pengikut di akun Douyin-nya, menerima lebih dari 100 juta penonton dan 3,45 juta suka.

Kampung halaman Peng Yangmu, yang terletak jauh di daerah pegunungan, memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi sebesar 40,5 persen pada 2014. Perkembangan industri telah dibatasi oleh infrastruktur yang buruk di desa tersebut.

Peng Guofei (Kiri) menunjukkan video pendeknya kepada penduduk desa Peng Hongyun di Desa Yangmu - Image from Xinhua

Berkat upaya pengentasan kemiskinan di negara itu, Yangmu telah meningkatkan fasilitas air dan listrik dalam beberapa tahun terakhir. Serat optik sepanjang 15 km telah dipasang dan desa tersebut telah mencapai jangkauan penuh sinyal 4G.

Pada 2019, desa tersebut terangkat dari kemiskinan, dengan angka kemiskinan turun menjadi 0,33 persen.

Untuk membantu penduduk desa meningkatkan pendapatan dan mencegah mereka kembali ke kemiskinan, pejabat lokal mengalihkan pandangan mereka ke e-commerce yang disiarkan langsung.

Di penghujung 2019, aparat desa mengundang para profesional media ternama untuk memulai kelas pelatihan live streaming untuk warga desa.

Ketika Peng mendengar berita itu, dia segera mendaftar ke kelas.

"Dia memberi tahu kami bahwa dia ingin menjadi selebriti Internet," kata Dai Haiwen, seorang kader Partai di desa. "Meskipun Peng adalah orang tertua dalam kursus pelatihan, dia sangat aktif di kelas dan memiliki minat yang kuat pada hal-hal baru."

Setelah kelas pelatihan selama satu bulan, Peng membuka akun "Xiangxi Grandpa Fei" di Douyin pada September 2020, memulai perjalanan untuk menjadi livestreamer terkenal.

"Mendapatkan ketenaran di Internet dapat membuat lebih banyak orang tahu tentang produk-produk khusus kampung halaman saya. Sesi streaming langsung adalah saluran bagi kami untuk memikat pelanggan dan menghasilkan keuntungan besar," kata Peng. (*)

Banner Kanan
Logo follow bolong