Baca dalam 3 menit

Inilah 4 Jenis Gurun di Bumi

SHARE ARTIKEL

Gurun Sahara - Image from Pexels

Matrouth, Bolong.id -  Paling populer di dunia adalah Gurun Sahara. Terbesar dan terpanas di bumi. Tidak semuanya berupa pasir di permukaan. Dan, ada empat jenis gurun di bumi selain gurun pasir. Berikut rinciannya:

Gurun berbatu - Image from Sohu

Gurun Batu

Gurun berbatu sering tersebar di tepi depan pegunungan di daerah kering. Setelah pelapukan, pegunungan di sini akan membawa tanah halus ke daerah lain di bawah pengaruh badai hujan dan angin, mengakibatkan paparan, tanah hancur berkeping-keping, pegunungan terjal, berbatu dan vegetasi yang jarang.

Gurun Kerikil - Image from Sohu

Gurun Kerikil

Gurun berkerikil sering disebut sebagai "Gurun Gobi". Gurun ini terdiri dari kerikil, pasir kasar, dan batu-batu kecil dengan ukuran berbeda. Gurun ini terutama tersebar di sekitar pantai yang kering. Di bawah pengaruh hujan, mereka akan terkena dampak dari hulu ke hilir. Namun, saat sungai mengering, kerikil ini tertinggal, membentuk gurun tanpa vegetasi.

Gurun Lumpur atau Gurun Garam - Image from Sohu

Gurun Lumpur atau Garam

Mereka sering muncul di daerah gurun dataran rendah atau di tengah cekungan yang tersumbat. Air yang mengalir sementara akan mengendapkan lumpur dari hulu, menunjukkan fenomena retak akibat kekeringan.

Di beberapa tempat, gurun lumpur akan membentuk gurun garam. Hal ini karena air sungai membawa lebih banyak mineral. Akibat penguapan yang kuat di daerah setempat, air sungai terus menguap dan mineral terus menumpuk sehingga menyebabkan zat garam mengkristal dan membentuk daerah kaya garam, seperti Cekungan Lop Nur dan Cekungan Qaidam di Tiongkok.

Gurun Pasir - Image from Sohu

Gurun Pasir

Gurun pasir merupakan jenis gurun yang paling banyak tersebar. Dan Gurun Sahara sebagian besar merupakan gurun pasir.

Selain gurun pasir, jenis gurun lainnya tidak tertutup pasir, sehingga kedalaman pasirnya hampir nol. Namun, gurun pasir berbeda. Kedalaman beberapa gurun pasir bisa mencapai ratusan meter, namun rata-rata kedalaman gurun sahara hanya sekitar sepuluh meter.

Apa yang ada di dasar gurun?

Banyak orang mungkin penasaran, jika semua pasir di gurun digali, apa jadinya dasar gurun?

Faktanya, hampir semua tanah memiliki lapisan batuan dasar di bagian bawah, yang berarti jika kita menggali semua pasir di gurun, kita bisa melihatnya.

Batuan dasar di beberapa daerah mengandung air, yaitu air tanah. Akar rumput di beberapa daerah mengandung minyak dan gas alam. Misalnya, daerah gurun di Timur Tengah kaya akan minyak.

Ilustrasi - Image from Sohu

Namun, justru karena kawasan gurun di Timur Tengah kaya akan minyak, banyak orang memberikan ilusi bahwa gurun kaya akan minyak. Namun nyatanya, itu tergantung pada jumlah makhluk di sini pada zaman dahulu.

Kita tahu bahwa lempeng bumi terus berubah. Beberapa gurun dulunya adalah samudra, dan pengendapan plankton laut yang terus menerus akan membentuk minyak. Tidak semua gurun kaya akan minyak.

Bisakah gurun dimusnahkan?

Dengan maraknya kegiatan aforestasi di Tiongkok, gurun di banyak tempat telah dikendalikan secara efektif. Jadi beberapa orang berpikir bahwa gurun bisa musnah.

Namun nyatanya, beberapa gurun pasir tidak bisa dihilangkan, seperti Gurun Sahara.

Gurun Sahara - Image from Live Science

Gurun Sahara terletak antara 15 ° -35 ° lintang utara dan selatan khatulistiwa. Jika Anda memiliki pengalaman di bidang geografi, Anda harus tahu bahwa ia didominasi oleh tekanan tinggi subtropis sepanjang tahun, dan tekanan tinggi subtropis akan membentuk arus udara yang tenggelam. Cuaca terkait biasanya cerah dan berawan, sehingga curah hujan di sini  langka. Karena kurangnya curah hujan, kelembaban di sini akan terus berkurang, sehingga kehidupan yang paling tahan kekeringan pun tidak dapat bertahan di sini.

Gurun Ulan Buh, China - Image from Trip.com

Alasan mengapa Tiongkok mampu menanam pohon di daerah gurun bukan karena ia bisa mengatasi gurun, tetapi karena gurun ini disebabkan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan penggurunan tanah.

Misalnya, Gurun Ulan Buh, gurun terbesar kedelapan di Tiongkok, dulunya adalah kota Shuofang yang terkenal selama Dinasti Han. Namun, karena masuknya populasi pada periode selanjutnya, penduduk lokal mengklaim kembali tanah mereka secara berlebihan dan melakukan penggembalaan berlebihan, yang menyebabkan penggurunan tanah yang serius.

Selain itu, untuk gurun pasir yang terbentuk karena sebab alamiah, Tiongkok akan menanam penahan angin yang panjang di tepi gurun untuk mencegah pasir di gurun menyebar ke sekitarnya dan mengurangi pembentukan badai pasir.

Aforestasi Gurun Ulan Buh di China - Image from China.org

Dengan kata lain, yang sebenarnya ingin Tiongkok hilangkan bukanlah gurun, tetapi penggurunan dan badai pasir. Karena itulah Gurun Sahara tidak bisa kita hilangkan, dan kekuatan sesungguhnya yang bisa melenyapkan Gurun Sahara adalah alam. Jika Gurun Sahara berpindah ke daerah lain bersama lempengannya, mereka bisa hidup kembali, sebagaimana dilansir dari Sohu. (*)

Terkait

berita

Cara Tiongkok Tindak WNA yang Masuk Selama Wabah Cor

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020

berita

Beda Tiongkok dan Indonesia Instruksikan Penutupan W

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

teknologi

Kemajuan Tiongkok Jadi Kunci Kemenangan Melawan Coro

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020

bisnis

Dampak Covid-19, Ekonomi Tiongkok "Goyang", Bikin In

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

teknologi

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

berita

Kisah-kisah Warga Indonesia di China Selama Corona

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020
Logo follow bolong