Baca dalam 3 menit

Jiangsu di China Booming Ekonomi Digital

SHARE ARTIKEL

Seorang karyawan China Mobile menampilkan drone berkemampuan 5G selama pameran di Nantong, provinsi Jiangsu- Image from China Daily

Nanjing, Bolong.id - Volume ekonomi digital di Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur mencapai CNY 4 triliun (sekitar USD 600 miliar atau Rp8,5 ribu triliun) pada 2019, menyumbang lebih dari 40 persen dari PDB provinsi, menurut otoritas setempat.

Industri digital Jiangsu telah mempertahankan pertumbuhan yang stabil tahun ini. Dalam tiga kuartal pertama, pendapatan operasional sektor manufaktur informasi elektronik naik lebih dari 6 persen dari tahun-ke-tahun menjadi CNY 1,9 triliun (Rp4 ribu triliun), kata Chi Yu, Wakil Direktur Departemen Industri dan Teknologi Informasi provinsi.

Sektor perangkat lunak dan layanan informasi mencapai pendapatan operasional CNY 774 miliar (Rp1,6 ribu triliun), peningkatan tahunan sekitar 6 persen dan peringkat tinggi di negara itu, kata Chi.

Jiangsu dalam beberapa tahun terakhir telah mempercepat pembangunan infrastruktur informasinya. Pada akhir September 2020, perusahaan telekomunikasi di provinsi tersebut telah menginvestasikan CNY 10,8 miliar (Rp23,1 triliun) dalam pembangunan jaringan 5G, dan membangun serta membuka 63.000 stasiun pemancar 5G, sehingga total provinsi menjadi 68.000.

Jiangsu akan meningkatkan lingkungan kebijakannya yang menguntungkan untuk pengembangan ekonomi digital berkualitas tinggi, kata Qi Biao, Wakil Direktur Komisi Pembangunan dan Reformasi provinsi. (*)

SHARE ARTIKEL

Terkait

technology

Jiangsu di China Booming Ekonomi Digital

  • Isna Fauziah
  • 16 Nov 2020
Logo follow bolong