Baca dalam 3 menit

Pusat Olahraga Oriental Shanghai, Arena Top Dunia

SHARE ARTIKEL

Shanghai Oriental Sport Center - Image from CGTN

Shanghai, Bolong.id - Mirip Water Cube, lokasi Olimpiade Beijing 2008, Shanghai punya gala akuatik terkemuka dunia. Namanya Pusat Olahraga Oriental (Oriental Sports Center) di Area Baru Pudong di sepanjang Sungai Huangpu.

Pemandangan udara dari Pusat Olahraga Oriental Shanghai - Image from CGTN

Kompleks olahraga untuk pertandingan

Ketika Shanghai diberi kesempatan menjadi tuan rumah FINA World Swimming Championships ke-14 pada tahun 2011, tahun di mana pertama kalinya Tiongkok menjadi tuan rumah acara olahraga semacam ini, kota tersebut membangun pusat olahraga raksasa untuk berbagai acara.

Sejalan dengan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, venue olahraga dibangun di atas lahan industri brownfield, yang terdiri dari natatorium, stadion olahraga dengan kapasitas tempat duduk 18.000, kolam renang luar ruangan dan pusat media.

Didesain oleh firma arsitektur GMP Jerman, arsitekturnya mengadopsi air dan ombak, pantai, dan jembatan sebagai motif desain dengan bangunan yang menunjukkan rasa persatuan dan mencerminkan dinamika air.

Kolam renang luar ruangan Shanghai Oriental Sports Center, juga dijuluki "Moon Bay" karena bentuknya, dibuka untuk acara renang musim dingin, 20 November 2011- Image from CGTN

Pusat kebugaran untuk semua kalangan

Setelah memenuhi tujuannya menjadi tuan rumah kejuaraan akuatik dunia FINA, Pusat Olahraga Oriental mulai dibuka untuk umum pada September 2011.

Dilansir dari CGTN, empat tersebut menyediakan fasilitas untuk berbagai macam olahraga, termasuk renang, tenis, bola basket, sepak bola dan bulu tangkis, secara signifikan meningkatkan fasilitas olahraga umum kota dan juga mempromosikan program kebugaran nasional.

"Pusat Olahraga Oriental akan mematuhi kesejahteraan publik dan terbuka untuk orang sebanyak mungkin, menawarkan lingkungan hijau serta tempat untuk kebugaran dan rekreasi," kata Yan Jiadong, Wakil Komandan Kepala Markas Konstruksi. (*)

Acara lari berlangsung di Shanghai Oriental Sports Center, 14 Oktober 2017 - Image from CGTN


 

Terkait

culture

Pusat Olahraga Oriental Shanghai, Arena Top Dunia

  • Isna Fauziah
  • 14 Nov 2020
Logo follow bolong