Baca dalam 3 menit

Sempat Populer, Google Justru Hapus Aplikasi Anti-Tiongkok Dari Play Store

Waktu Publish : 05 Jun 2020, 10:20 WIB
SHARE ARTIKEL

Sempat Populer, Google Justru Hapus Aplikasi Anti-Tiongkok Dari Play Store

Remove China Apps - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id – Aplikasi seluler “Remove China Apps” yang belum lama ini sempat populer dan menjadi aplikasi teratas di Play Store India kini telah dihapus oleh pihak Google. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mendeteksi dan menghapus berbagai aplikasi asal Tiongkok dari ponsel penggunanya. Karena fungsinya itu pula, aplikasi ini mampu menarik banyak netizen India untuk mengunduhnya, dikarenakan situasi pandemi dan sengketa perbatasan yang melibatkan negera mereka dengan Tiongkok kian menghangat.

Diketahui, aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal India, ‘One Touch AppLabs’, buntut dari meningkatnya ketegangan hubungan antara Tiongkok dan India baru-baru ini. Sejak 17 Mei hingga akhir Mei 2020 lalu, Remove China App telah diunduh lebih dari 5 juta kali. Popularitas aplikasi tersebut meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi ponsel Tiongkok di India, imbas dari sengketa perbatasan Tiongkok-India di Himalaya.

Juru bicara Google menginformasikan, bahwa aplikasi tersebut telah dihapus dari Play Store karena melanggar kebijakan dan mengatakan bahwa aplikasi itu ‘curang’. Beberapa netizen India juga menyebut jika fungsi aplikasi yang mendeteksi dan memodifikasi fitur ponsel pengguna ini tidak hanya melanggar kebijakan Google, namun juga memiliki masalah hukum dan keamanan serius karena telah melakukan penghasutan.

One Touch AppLabs sendiri tidak menanggapi perihal penghapusan aplikasi mereka oleh Google. Namun, melalui situs official nya, pengembang tersebut mengkonfirmasikan jika Remove China Apps telah dihapus dan mengucapkan terima kasih atas dukungan para penggunanya.*

Banner Kanan
Logo follow bolong