Baca dalam 3 menit

Tidak Ada Penerbangan Sipil Internasional Yang Berangkat Dari Wuhan Sejak Lockdown

Waktu Publish : 12 Jul 2020, 16:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Tidak Ada Penerbangan Sipil Internasional Dari Wuhan - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Wuhan, Beijing.id – Perusahaan Grup Bandara Hubei (湖北机场集团有限公司) pada hari Kamis (9/7/2020) mengungkapkan bahwa tidak ada penerbangan sipil internasional yang diberangkatkan dari Wuhan sejak penguncian wilayah (lockdown) tersebut pada 23 Januari 2020 lalu, kecuali untuk penerbangan charter.

Fakta itu membantah tuduhan skandal Peter Navarro, selaku Penasehat Perdagangan Gedung Putih, dalam sebuah wawancara baru-baru ini yang mengatakan bahwa Tiongkok mengunci jaringan transportasi dan mencegah perjalanan domestik dari Wuhan ke Beijing atau Shanghai, namun mengirim ratusan ribu warga negara Tiongkok ‘benih virus’ ke seluruh dunia. Tuduhan semacam itu bukanlah yang pertama kalinya disebarkan oleh Navarro.

Dilaporkan bahwa Wuhan telah menghentikan semua penerbangan komersial domestik dan internasional untuk mencegah penyebaran COVID-19 pada 23 Januari 2020. Tidak sampai 8 April 2020, Wuhan melanjutkan penerbangan penumpang domestik ketika situasi virus di Tiongkok terkendali. Namun, penerbangan penumpang internasional dari Wuhan masih terus ditangguhkan hingga kini.

Wuhan hanya mengizinkan penerbangan charter atas penerapan negara-negara yang relevan dan dengan persetujuan pihak Tiongkok. Diketahui, setelah penguncian diberlakukan, sebanyak 61 penerbangan charter dioperasikan untuk mengevakuasi 8.629 ekspatriat, seperti staf kedutaan, konsulat di Hubei, dan mahasiswa asing dari 35 negara, di mana penerbangan charter itu menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi secara ketat.

Melansir CGTN, selama penguncian di Wuhan, Bandara Internasional Tianhe Wuhan (武汉天河国际机场) hanya mengizinkan penerbangan kargo masuk yang membawa persediaan dan peralatan medis, dan menghentikan semua penerbangan kargo komersial internasional. Pada 8 April 2020, hari pertama di mana bandara tersebut melanjutkan layanan penerbangan penumpang domestiknya kembali penerbangan kargo komersial internasional juga pertama kalinya dioperasikan kembali, yakni Penerbangan Y87447, HNA Group yang terbang dari Wuhan ke Sydney dengan membawa lebih dari 70 ton bahan anti-pandemi. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong