Baca dalam 3 menit

Gimana Sih Kelanjutan UU Keamanan Nasional Hong Kong?

Waktu Publish : 22 Jun 2020, 11:14 WIB
SHARE ARTIKEL

Bendera Hong Kong - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hong Kong, Bolong.id - Pada hari Minggu (21/6/2020), setelah ada pengumuman adanya kemungkinan besar Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong akan diberlakukan pada tanggal 1 Juli 2020, badan legislatif utama Tiongkok juga merilis rincian untuk pertemuan berikutnya, pada akhir bulan Juni 2020 mendatang.

Menurut pertemuan yang dipimpin oleh Li Zhanshu (栗战书), ketua Komite Tetap, pada hari Sabtu (20/6/2020) kemarin, sesi ke-20 dari Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (中华人民共和国全国人民代表大会) ke-13 akan diadakan dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2020, di Beijing. Pertemuan berikutnya dijadwalkan dengan agenda untuk meninjau rancangan amandemen UU Paten, rancangan amandemen UU Perlindungan Anak-Anak, dan Rancangan Undang-Undang Kontrol Ekspor. Selain itu, menurut pengamat, pembahasan mengenai UU Keamanan Nasional Hong Kong sepertinya bisa diusulkan oleh ketua Komite Tetap, meski tidak termasuk ke dalam agenda resmi di sesi mendatang.

Sebelumnya, badan legislatif tertinggi Tiongkok sudah meninjau rancangan UU Keamanan Nasional untuk Hong Kong sejak sesi ke-19, dari Komite Tetap NPC ke-13, yang berakhir pada hari Sabtu (20/6/2020) kemarin.

Rancangan UU tersebut menunjukkan bahwa pemerintah pusat telah melakukan upaya terbaiknya dalam mencapai keseimbangan antara hukum umum Hong Kong dan sistem hukum perdata Tiongkok daratan, dengan tujuan untuk melindungi independensi peradilan Hong Kong dan memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Menurut para analis dan anggota parlemen, UU Keamanan Nasional Hong Kong tidak akan melemahkan hak-hak politik rakyat Hong Kong, mengubah kehidupan penduduk setempat, atau mempengaruhi penerapan hukum umum Hong Kong seperti yang sedang dikhawatirkan.

Dilansir dari Global Times pada hari Minggu (21/6/2020), Tan Yaozong (谭耀宗), anggota Komite Tetap NPC dari Hong Kong berharap agar badan legislator Tiongkok dapat memberikan suaranya untuk UU tersebut selama sesi komite berikutnya.

Terkait

news

Legislator Senior Tekankan Penerapan Hukum Perlindungan Satw...

  • Isna Fauziah
  • 29 Jul 2020

news

Tiongkok Meninjau Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong

  • Dwi
  • 01 Jul 2020

news

Anggota Kongres Rakyat Nasional Wanita Terlama di Tiongkok, ...

  • Yohana Intan
  • 29 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong