Xiaomi FiturWarning Gempa akan Rilis di Indonesia

15 April 2022, 15:30 WIB

Xiaomi FiturWarning Gempa akan Rilis di Indonesia-Image-1

fitur pendeteksi gempa pada ponsel Xiaomi - Image from crsky.com

Beijing, Bolog.id - Chengdu High-tech Disaster Reduction Research Institute dan Xiaomi Group mengumumkan di Chengdu, 7 April 2022 bahwa ponsel Xiaomi fungsi peringatan dini gempa akan dirilis di Indonesia.

Dilasnir dari 中国新闻网 pada Jumat (8/4/2022). Menurut informasi, setelah mengaktifkan fungsi peringatan dini gempa dari system bawaan operasi ponsel, pengguna ponsel Xiaomi di area jangkauan gempa akan menerima informasi peringatan dini dari Sistem Peringatan Gempa.

Setiap pesan peringatan akan menampilkan magnitudo gempa, perkiraan waktu tiba dan intensitas gempa di ponsel, dan suara peringatan akan dikeluarkan pada saat yang bersamaan. Hanya untuk intensitas gempa dengan intensitas 4 magnetudo ke atas peringatan ini akan tertera pada ponsel.

Xiaomi FiturWarning Gempa akan Rilis di Indonesia-Image-2

ilustrasi fitur gempa pada Xiaomi saat memberikan informasi akan terjadi gempa - Image from crsky.com

Indonesia terletak di Ring of Fire dan merupakan negara yang rawan gempa. Pada Agustus 2019, Institut Pengurangan Bencana Teknologi Tinggi Chengdu bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia bersama-sama membangun sistem peringatan dini gempa di negara itu yang akan diuji coba pada April 2020.

Xiaomi FiturWarning Gempa akan Rilis di Indonesia-Image-3

Ilustrasi fitur Xiaomi saat menginformasikan setelah gempa - Image from crsky.com

Sejak sistem ini digunakan, 13 gempa bumi berkekuatan 5.0 atau lebih tinggi di Indonesia telah diperingatkan.

Wang Tun, direktur Chengdu Center for Earthquake Early Warning Technology Research dari China Earthquake Administration dan direktur Chengdu High-tech Disaster Reduction Research Institute mengatakan fungsi peringatan dini gempa ponsel yang baru diluncurkan akan memperluas cakupan peringatan luasnya wilayah gempa.

Wang Tun mengatakan Chengdu High-tech Disaster Reduction Research Institute akan mengambil kesempatan ini untuk mempromosikan lebih banyak merek ponsel Tiongkok untuk membuka fungsi peringatan dini gempa di Indonesia dan bahkan lebih banyak negara. (*)