Baca dalam 3 menit

Twitter Blokir Akun Trump Selamanya

SHARE ARTIKEL

Twitter Blokir Akun Trump Selamanya - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Washington, Bolong.id - Twitter Inc mengatakan pada hari Jumat (8/1/2021) bahwa mereka telah secara permanen menangguhkan akun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena risiko hasutan kekerasan setelah penyerbuan Capitol AS pada hari Rabu (6/1/2021) oleh ratusan pendukungnya.

Langkah untuk menangguhkan akun Trump yang memiliki lebih dari 88 juta pengikut, membungkam megafon utamanya beberapa hari sebelum akhir masa jabatannya.

"Setelah meninjau secara cermat cuitan baru-baru ini dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya, kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut karena risiko hasutan lebih lanjut untuk melakukan kekerasan," tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters, Sabtu (9/1/2021).

Perusahaan media sosial telah menindak akun Trump setelah kekacauan di Washington DC pada hari Rabu (6/1/2021) yang menyebabkan lima korban jiwa. Sementara itu, Facebook Inc juga mengatakan pihaknya menangguhkan akun Trump hingga setidaknya akhir masa jabatan kepresidenannya.

Dalam sebuah unggahan blog pada hari Jumat (8/1/2021), Twitter mengatakan bahwa dua cuitan presiden yang diunggah hari itu melanggar kebijakannya yang menentang kekerasan.

Twitter telah memblokir sementara akun Trump pada hari Rabu (6/1/2021) setelah pengepungan Capitol Hill, dan memperingatkan bahwa pelanggaran tambahan oleh akun presiden akan mengakibatkan penangguhan permanen.

Trump diminta untuk menghapus tiga cuitan yang melanggar aturan sebelum akunnya dibuka blokirnya. Dia kembali ke Twitter pada hari Kamis (7/1/2021) dengan video yang mengakui bahwa Biden akan menjadi presiden AS berikutnya.

Twitter mengatakan cuitan Trump yang menyebutkan dia tidak akan menghadiri pelantikan Biden telah diterima oleh sejumlah pendukungnya sebagai konfirmasi lebih lanjut bahwa pemilu 3 November tidak sah. Dalam cuitan lainnya, Trump memuji "Patriot Amerika" dan mengatakan para pendukungnya "akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk atau wujud apapun!!!" dapat dilihat sebagai indikasi lebih lanjut bahwa Presiden Trump tidak berencana untuk memfasilitasi transisi kekuasaan yang tertib.

Akun @realDonaldTrump milik Trump, yang terkadang mengirimkan lebih dari 100 tweet sehari, telah digunakan untuk menjangkau pendukung, menyebarkan informasi yang salah, dan bahkan memecat staf.

Baik Twitter dan Facebook telah lama memberikan hak istimewa khusus kepada Trump sebagai pemimpin dunia terpilih, dengan mengatakan bahwa cuitan yang mungkin melanggar kebijakan perusahaan tidak akan dihapus karena ditujukan untuk kepentingan publik. Namun, mereka mengatakan dia akan kehilangan akses ke hak istimewa itu setelah meninggalkan kantor.

Twitter tahun lalu mulai memberi label dan memberi peringatan pada cuitan Trump karena berulang kali melanggar aturannya, termasuk kebijakannya yang melarang kekerasan, memanipulasi media, atau membagikan informasi yang berpotensi menyesatkan tentang proses pemungutan suara.

Trump masih memiliki akses ke akun resmi @WhiteHouse dan @POTUS tetapi akan kehilangan ini ketika masa jabatan kepresidenannya berakhir. Ketika ditanya apakah Trump dapat membuat akun lain, seorang juru bicara Twitter mengatakan jika perusahaan memiliki alasan untuk percaya bahwa dia menggunakan akun baru tersebut untuk menghindari penangguhan hari Jumat (8/1/2021), akun tersebut juga dapat ditangguhkan. (*) 

Terkait

teknologi

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia 

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

kesehatan

Coba Panasin Masker Dengan Rice Cooker, Bisa Bunuh Kuman, Lh...

  • Bolong team
  • 24 Mar 2020

bisnis

Tiongkok Beri Kemudahan Untuk Perusahaan Asing Membeli Alat ...

  • Bolong team
  • 25 Mar 2020

bisnis

Di Tengah-tengah COVID 19, Nilai Tukar Yuan Malah Stabil

  • Bolong team
  • 27 Mar 2020

bisnis

Tiga Faktor Kekuatan Nilai Mata Uang Yuan

  • Bolong team
  • 27 Mar 2020

kesehatan

7 Pertanyaan Tentang "Infeksi Tanpa Gejala" Dijawab oleh Kom...

  • Bolong team
  • 31 Mar 2020
Logo follow bolong