Baca dalam 3 menit

Di Tengah Pandemi, Inggris Ingin Buka Kembali Sekolah September Ini

SHARE ARTIKEL

PM Inggris: Memulai Kembali Sekolah adalah Prioritas Nasional - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

London, Bolong.id - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan pembukaan kembali sekolah pada bulan September adalah keharusan sosial, ekonomi, dan moral. Ia juga bersikeras bahwa sekolah akan dapat beroperasi dengan aman meskipun terdapat pandemi COVID-19.

Dilansir dari CGTN, Johnson menekankan bahwa memulai kembali sekolah adalah prioritas nasional dan sekolah akan menjadi tempat terakhir untuk ditutup jika terdapat kuncitara (lockdown) lokal lagi di masa depan.

Sekolah-sekolah di Inggris ditutup pada bulan Maret 2020 selama kuncitara nasional dan dibuka kembali pada bulan Juni lalu untuk sejumlah kecil siswa. Pemerintah Inggris ingin semua siswa kembali ke sekolah pada awal September 2020.

"Membiarkan sekolah kita tutup lebih lama dari yang diperlukan secara sosial tidak dapat ditoleransi, secara ekonomi tidak berkelanjutan dan secara moral tidak dapat dipertahankan," ungkap Johnson. “Biaya ekonomi bagi para orang tua yang tidak dapat bekerja jika sekolah tutup terus meningkat dan negara menghadapi masalah besar jika anak-anak tidak masuk sekolah.”

"Pandemi ini belum berakhir dan hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah berpuas diri. Tapi sekarang kita cukup tahu untuk (bagaimana) membuka kembali sekolah bagi semua siswa dengan aman, kita memiliki kewajiban moral untuk melakukannya," tambahnya.

Permintaan Johnson ini datang setelah sebuah penelitian dirilis pada awal bulan Agustus ini yang memperingatkan bahwa Inggris berisiko terkena gelombang kedua COVID-19 di musim dingin. Gelombang kedua wabah ini diperkirakan akan dua kali lebih besar dari wabah awal jika sekolah dibuka tanpa sistem pengetesan dan penelusuran yang lebih baik.

Serikat kepala sekolah juga telah mengkritik dorongan Johnson tersebut dan memperingatkan bahwa sekolah akan mengajar siswa dengan basis "minggu ke minggu" jika terdapat kebangkitan wabah COVID-19, serta menyusun sejumlah rencana darurat.

Sementara itu, ibu kota Tiongkok, Beijing, telah mengumumkan tanggal pembukaan kembali sekolah untuk semester musim gugur pada hari Minggu (9/8/2020) dengan sistem bertahap, dilansir dari laman Global Times. Kelas 1 SD, kelas 1 dan 3 SMP, dan semua tingkat murid SMA akan melanjutkan sekolah pada tanggal 29 Agustus 2020 ini. Pada 1 September, kelas 5 dan 6 SD, kelas 2 SMP akan mulai masuk sekolah kembali. Kelas 2-4 SD akan melanjutkan kelas pada 7 September 2020. Sementara kelas 2 dan 3 TK akan melanjutkan kelas pada 7 September 2020, kelas 1 TK akan mulai masuk pada 11 September 2020.

Hal ini dilakukan karena meskipun beberapa daerah di Tiongkok telah diterjang oleh gelombang kedua pandemi COVID-19, situasi wabah di sana sebagian besar telah terkendali, sehingga masyarakat mulai kembali beraktivitas dengan normal. (*)


Terkait

ces 2020

CES ASIA 2020 di Shanghai ditunda!

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

coronavirus

Penjualan iPhone di Tiongkok bulan Februari Turun 60% !

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

corona

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakarta Remeh...

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

kesehatan

Menguji Khasiat Jamu Jokowi dan Jamu Herbal Tiongkok Pencega...

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020

berita

Krisis Kepedulian Tanggapi Corona, Anggap Remeh hingga Ramai...

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

berita

Penanganan Virus Corona Tiongkok vs Indonesia

  • Rizal Al Hidayah
  • 20 Mar 2020
Logo follow bolong