Jerman - Tiongkok Janji Junjung Multilateralisme

logo clock 2 Menit logo clock 02-09-2020, 13:04

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Berlin, Bolong.id - Jerman dan Tiongkok pada Selasa (1/9/2020) berjanji menegakkan multilateralisme (aliansi strategis antar negara) dalam urusan internasional dan untuk mempromosikan hubungan bilateral.

Pernyataan itu dibuat ketika Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (王毅) yang tengah berkunjung ke Berlin, dilansir dari Global Times, Rabu (2/9/2020).

Steinmeier menekankan bahwa Jerman selalu mementingkan hubungannya dengan Tiongkok, dan bersedia memelihara hubungan yang lebih dekat dan langgeng dengan Tiongkok, terutama di tengah situasi internasional yang tegang seperti saat ini.

Presiden Jerman pun menegaskan bahwa Jerman menghormati prinsip satu-Tiongkok, dan posisi multilateralisme dalam urusan internasional, menambahkan bahwa Jerman tidak setuju dengan apa yang disebut "pemisahan", dan tidak ingin dunia terbagi satu sama lain.

Wang mengatakan bahwa ketika upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 telah menjadi praktik rutin, kunjungannya ke Jerman dan Eropa menunjukkan bahwa Tiongkok menghargai hubungannya dengan Jerman dan Eropa.

“Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Jerman dan Uni Eropa untuk mempersiapkan agenda penting pada tahap selanjutnya. Di satu sisi, memperkuat kerja sama internasional melawan COVID-19, seperti pengembangan dan aplikasi vaksin, untuk mengatasi pandemi. Di sisi lain, menegakkan dan mempraktikkan multilateralisme dan menentang intimidasi sepihak untuk menjaga norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional dan peradilan internasional,” kata Wang.

Selain itu, kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang situasi internasional saat ini, kerja sama Tiongkok-Jerman dan masalah lain yang menjadi perhatian bersama.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pakistan Beri Penghargaan kepada Pejabat China

 

logo clock 23-10-2020, 16:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Modernisasi Militer Kunci Peremajaan Nasional

 

logo clock 23-10-2020, 16:24
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Terungkap, Kesepakatan Baik China - Vatikan, Terkait Penunjukan Uskup

 

logo clock 23-10-2020, 15:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral