Baca dalam 3 menit

Studi Vaksin COVID-19 AstraZeneca Ditunda

Waktu Publish : 10 Sep 2020, 07:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi warga Los Angeles, AS, bermasker - Image from Los Angeles Times

London, Bolong.id - Studi fase tiga penguji vaksin COVID-19 yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford, Inggris, di berbagai daerah Amerika Serikat (AS) ditunda karena dugaan reaksi merugikan yang serius pada seorang peserta di Inggris Raya.

Juru bicara AstraZeneca, pelopor penemuan vaksin COVID-19, mengatakan bahwa "proses peninjauan standar perusahaan memicu penundaan pada vaksinasi guna memungkinkan peninjauan data keamanan", dilansir dari statnews.com, Rabu (9/9/2020).

Dalam pernyataan tindak lanjut, AstraZeneca mengatakan pihaknya memprakarsai penahanan penelitian tersebut. Akan tetapi, reaksi merugikan dan kapan terjadinya tidak segera dibeberkan meskipun peserta diperkirakan akan segera pulih.

Juru bicara yang tidak disebutkan namanya tersebut menggambarkan penundaan tersebut sebagai "tindakan rutin yang harus dilakukan setiap kali muncul potensi penyakit yang tidak dapat dijelaskan di salah satu uji coba, ketika diselidiki, memastikan kami menjaga integritas uji coba." Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa perusahaan sedang berusaha untuk mempercepat peninjauan peristiwa tunggal itu guna meminimalkan potensi dampak pada penjadwalan uji klinis.

Orang kedua yang mengetahui masalah tersebut yang juga berbicara tanpa menyebutkan namanya, mengungkapkan bahwa temuan tersebut berdampak pada uji klinis vaksin AstraZeneca lainnya yang sedang berlangsung, serta pada uji klinis yang dilakukan oleh produsen vaksin lain.

Sementara itu, penangguhan uji klinis seperti ini tidak jarang terjadi. Namun, masih belum diketahui berapa lama AstraZeneca dapat bertahan. Di sisi lain, kemajuan uji klinis perusahaan dan semua vaksin COVID-19 yang sedang dikembangkan sedang diawasi dengan ketat mengingat kebutuhan mendesak akan cara-cara baru untuk mengekang pandemi global. Saat ini, terdapat sembilan kandidat vaksin dalam uji klinis fase 3. AstraZeneca's adalah uji klinis vaksin COVID-19 fase 3 pertama yang diketahui telah ditangguhkan.

AstraZeneca baru memulai uji klinis fase 3 di AS pada akhir Agustus lalu. Uji klinis di AS saat ini sedang berlangsung di 62 lokasi di seluruh negeri meskipun beberapa belum mulai mendaftarkan peserta. Uji klinis fase 2/3 sebelumnya telah dimulai di Inggris Raya, Brasil, dan Afrika Selatan.

Terkait

news

China Akan Pertimbangkan Amandemen UU Keluarga Berencana

  • Lupita
  • 28 Jul 2021

news

China Perkuat Pengawasan Kosmetik Anak

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Sambut Hari Anak Nasional, KBRI Beijing Kedatangan Siswa Chi...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Populasi China Akan Unggul untuk Waktu Lama

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

China Keluarkan Langkah-langkah Pendukung Kebijakan Tiga Ana...

  • Lupita
  • 22 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
23
14
13
0
1
2