5 Tips Rawat Kesehatan Baterai HP

logo clock 4 Menit logo clock 08-10-2020, 12:05

5 Tips Rawat Kesehatan Baterai HP - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Baterai handphone (HP) salah satu perangkat terpenting. Namun, baterai lithium-ion yang saat ini banyak digunakan pada smartphone memang punya usia pakai tertentu. Sehingga, kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan semakin berkurang seiring berjalannya durasi pemakaian.

Kebiasaan menggunakan HP dan cara mengisinya atau yang biasa disebut dengan ngecas juga menentukan usia baterai. Kebiasaan yang salah, mempercepat atau memperpendek masa pakai baterai. Ini dia 5 tips supaya baterai HP kalian lebih bertahan lama!

1. Jangan terpapar suhu ekstrem

Suhu ekstrem seperti terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengurangi kemampuan baterai menyimpan energi. Apple menyarankan suhu yang "nyaman" bagi baterai adalah 16 hingga 22 derajat Celcius. Selain itu, baterai ponsel sebaiknya tidak terpapar situasi dengan suhu yang lebih dari 35 derajat Celcius. Jadi, ada baiknya tidak menggunakan ponsel saat berada di daerah atau lingkungan yang sangat panas, misalnya menaruh di dashboard mobil saat siang hari, menaruh di bawah bantal, atau menggunakannya di bawah terik matahari, dan situasi dengan suhu udara panas lainnya.

2. Jangan gunakan ponsel saat sedang mengisi daya

Dijelaskan di atas bahwa baterai ponsel tidak baik diletakkan pass situasi panas ekstrim, maka disarankan pengguna tidak menggunakan HP saat sedang mengisi daya. Hindari mengisi daya saat sedang bermain game atau menonton video. Ini akan menyebabkan baterai menjadi panas dalam proses pengisian. Jika ponsel digunakan main game, dipakai secara intensif, atau aktivitas berat lain yang menyebabkan baterai panas, ini bisa memperburuk kesehatan baterai.

Selain membuat baterai lebih panas, kebiasaan ini juga merusak sebagian sel baterai. Istilah teknis untuk hal ini adalah pengisian parasit (parasitic load). Pengisian daya parasit ini buruk untuk sel baterai karena ia akan mengalami siklus mini pengisian dan pengosongan daya yang mengurangi umur baterai, seperti yang ditulis Android Authority.

3. Jangan taruh freezer

Hindari terkena panas bukan berarti harus menaruh HP di tempat bersuhu dingin ya. Salah satu produsen HP ternama, Samsung, juga menyarankan agar pengguna tidak menyimpan baterai ponsel yang masih baik ke dalam freezer. Ini bukannya menjaga supaya baterai tetap berfungsi dengan kondisi maksimal, namun malah bisa merusak baterai.

4. Baterai mesti terisi 30-50 persen jika tidak terpakai

Apabila ingin menyimpan ponsel dan tidak memakainya dalam jangka waktu yang lama, lebih baik baterai HP disimpan dalam kapasitas 30-50 persen. Ini akan menjaga baterai tetap dalam kondisi prima.

5. Jangan biarkan baterai di bawah 20 persen

Samsung menyarankan agar baterai tidak dibiarkan kurang dari 20 persen. Pada tipe baterai yang lebih lawas seperti NiCd atau NiMH memang disarankan untuk sering mengosongkan baterai untuk menjaga kapasitas baterai tetap 100 persen. Tapi, tidak demikian dengan baterai Li-ion yang banyak digunakan untuk smartphone. Dengan membiarkan ponsel mati total, ini akan mengurangi masa pakai baterai, sehingga sangat baik jika tidak membiarkan baterai ponsel di bawah 20 persen.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

 

logo clock 22-10-2020, 10:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Masukkan Teknologi Kuantum dalam Rencana Lima Tahun Ke-14

 

logo clock 22-10-2020, 10:11
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Hidupkan Pariwisata, Hong Kong Luncurkan Kampanye dengan Pengalaman VR

 

logo clock 21-10-2020, 11:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jaringan 5G China Miliki Lebih Dari 600.000 Stasiun Pemancar

 

logo clock 19-10-2020, 14:20
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

World Young Scientist Summit 2020 Dibuka di China Timur

 

logo clock 19-10-2020, 11:53
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral