Baca dalam 3 menit

Inilah Penyebab Vaksin COVID-19 China Banyak Diminati

Waktu Publish : 27 Nov 2020, 11:01 WIB
SHARE ARTIKEL

Inilah Penyebab Vaksin COVID-19 China Banyak Diminati - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Akhir-akhir ini banyak berita mengenai perkembangan vaksin COVID-19 dari dua perusahaan farmasi besar Amerika, Pzifer dan Moderna. Namun, seiring dengan kemajuan yang telah dibuat perusahaan-perusahaan ini, sejumlah perusahaan Tiongkok juga melangkah maju dengan uji klinis tahap ketiga dari vaksin COVID-19.

Vaksin tersebut diproduksi oleh SinoVac, CanSino dan SinoPharm. Meskipun mereka belum mempublikasikan hasil uji klinis tahap akhir mereka, tetapi telah dilaporkan bahwa uji klinis vaksin ini telah membuahkan hasil yang positif, dilansir dari CGTN, Jumat (27/11/2020).

Terdapat beberapa perbedaan antara vaksin COVID-19 dari Tiongkok dengan buatan Amerika, yaitu seperti metodologi yang digunakan. Vaksin dari Tiongkok tidak memerlukan suhu ekstrim untuk memfasilitasi distribusi layaknya buatan Amerika yang harus disimpan di bawah suhu -70 ℃.

Banyak negara telah memesan vaksin COVID-19 dari Tiongkok dalam jumlah besar. Negara-negara tersebut sejauh ini termasuk Indonesia, Provinsi Sao Paulo di Brazil, Meksiko, Malaysia (donasi), Turki, dan Filipina. Cakupan negara yang menerima donasi dari Beijing juga kemungkinan akan ditingkatkan karena Tiongkok mengintensifkan kerja sama multilateral untuk memerangi COVID-19. Beberapa vaksin nantinya juga akan disumbangkan ke program bersubsidi COVAX melalui WHO.

Sayangnya, ada beberapa suara yang tidak menganggap serius terobosan Tiongkok terkait vaksin COVID-19, bahkan cenderung menganggapnya di bawah standar. Namun dalam praktiknya, vaksin dari Tiongkok telah diberi lampu hijau oleh regulator pihak ketiga independen di setiap negara yang telah menguji klinis vaksin-vaksin tersebut.

Terlepas dari adanya yang mencoba mendiskreditkan vaksin Tiongkok, tetaplah vaksin ini merupakan pilihan yang populer karena harganya terjangkau dan dapat didistribusikan dalam kapasitas yang lebih besar dan efektif. Hal ini disebabkan banyak negara yang menghadapi kendala keuangan, populasi, dan berbasis iklim yang serupa cenderung melihat vaksin Tiongkok sebagai pilihan yang jelas.

Vaksin Tiongkok yang memiliki keunggulan kompetitif dalam harga dan kapasitas produksi, memungkinkan dapat membantu negara berkembang keluar dari pandemi secepat mungkin. Dengan demikian, SinoVac, CanSino, dan SinoPharm dapat memberikan kontribusi lebih kepada miliaran orang di seluruh dunia. (*)

Terkait

news

Lebih dari 21 Juta Orang Indonesia Tervaksin Pertama

  • Esy Gracia
  • 17 Jun 2021

news

Warga Taiwan Berharap Divaksinasi China

  • Djono W. Oesman
  • 16 Jun 2021

news

Satgas COVID: Efektivitas Vaksin Covid-19 di Indonesia Tingg...

  • Lupita
  • 16 Jun 2021

news

China Jadi Negara Teratas dalam Hal Vaksinasi Terbanyak

  • Lupita
  • 15 Jun 2021

news

Presiden Afghanistan Terima Bantuan Vaksin COVID-19 dari Chi...

  • Djono W. Oesman
  • 14 Jun 2021

health

Mengapa Suntikan Vaksin di Lengan Bukan di Bokong?

  • Lupita
  • 13 Jun 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong