Baca dalam 5 menit

Garam dapat Merusak Ginjal? Simak Tips Ini

Waktu Publish : 11 Jan 2022, 10:25 WIB
SHARE ARTIKEL

Garam dapat Merusak Ginjal, Simak Tips ini Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal - Image from www.stluciabj.cn

Bolong.id - Menjaga kesehatan memang tidak mudah, perlu untuk anda mengawasi apa yang sudah anda konsumsi. Seperti halnya menjaga kesehatan ginjal.

Dilansir dari 盛诺一家 berikut adalah tips menjaga kesehatan ginjal.

1. Jangan overdosis pada obat-obatan tertentu

Baik ibuprofen dan naproxen adalah NSAID. Mereka dapat merusak ginjal anda jika anda mengambil terlalu banyak sekaligus atau terlalu sering. Selain itu, penggunaan penghambat pompa proton jangka panjang untuk mengobati bisul atau penyakit refluks gastroesofagus juga dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit ginjal kronis.

Anda hanya boleh minum obat-obatan ini jika dokter mengatakan anda perlu meminumnya.

2. Perhatikan penggunaan antibiotik

Jika anda menggunakan obat antibiotik ini secara teratur, mereka dapat merusak ginjal anda. Penisilin, sulfonamid, dan sefalosporin lebih mungkin menyebabkan masalah.

3. Ambil Suplemen Herbal dengan Hati-hati

Produsen suplemen tidak harus menyatakan produk mereka aman, tetapi beberapa dapat merusak ginjal anda. Obat-obatan ini sangat berbahaya, apalagi jika anda memiliki penyakit ginjal karena dapat memperburuk kondisi atau mempengaruhi cara kerja obat-obatan tertentu. Sebaiknya bicaralah dengan dokter anda sebelum mengonsumsi suplemen herbal apa pun.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Ginjal anda memproses apa pun yang anda makan, termasuk apa pun yang buruk bagi anda, seperti sejumlah besar lemak, garam, dan gula. Seiring waktu, pola makan yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan penyakit lain yang buruk bagi ginjal.

Diet sehat mencakup banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, dan lebih sedikit makanan olahan.

5. Mengontrol Asupan Garam

Garam adalah mineral yang mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda.

Bagi sebagian orang, garam tampaknya meningkatkan kandungan protein dalam urin mereka. Garam dapat merusak ginjal anda atau memperburuk penyakit ginjal jika anda sudah memiliki penyakit ginjal. Jumlah garam yang tinggi juga dapat meningkatkan peluang anda terkena tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab klasik penyakit ginjal, serta batu ginjal, yang bisa sangat menyakitkan dan berpotensi merusak jika tidak ditangani.

6. Minum air putih yang cukup

Air membantu ginjal mendapatkan nutrisi penting dan mentransfer limbah ke kandung kemih dalam bentuk urin. Jika anda tidak minum cukup air, filter kecil di ginjal anda bisa tersumbat, menyebabkan batu ginjal dan infeksi. Bahkan dehidrasi ringan dapat merusak ginjal anda jika anda mengalami dehidrasi secara teratur.

Minum 4 hingga 6 gelas air sehari adalah normal, tetapi jika anda sakit atau dalam cuaca panas, Anda mungkin perlu minum lebih banyak.

7. Berolahraga lebih banyak

Sama seperti makan makanan yang sehat, berolahraga dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tapi jangan mencoba menjadi ahli kebugaran dalam jangka pendek. Terlalu banyak berolahraga juga dapat merusak ginjal anda jika anda tidak siap.

Berolahraga setidaknya 30 hingga 60 menit sehari, setidaknya lima hari seminggu. Jika anda sudah lama tidak berolahraga, luangkan waktu anda dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika anda memiliki masalah kesehatan.

8. Hati-hati dengan alkohol

Jika anda sehat, segelas atau dua gelas anggur tidak akan membahayakan ginjal anda. Tapi pesta minuman keras (lebih dari 4 minuman dalam waktu kurang dari 2 jam) dapat menyebabkan kerusakan serius dan dapat menyebabkan berbagai masalah jangka panjang.

Alkohol sering membuat anda dehidrasi, yang dapat membuat ginjal anda tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan penambahan berat badan, penyakit hati, tekanan darah tinggi, dan kondisi lain yang memberi lebih banyak tekanan pada ginjal anda.(*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong