Baca dalam 3 menit

Makanan Siap Saji Jadi Pilihan Saat Imlek di Tiongkok

Waktu Publish : 30 Jan 2021, 07:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Restoran Siap Saji Menjadi Pilihan Saat Imlek -  Gambar diambil dari berbagai sumber segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Pada 13 Januari, hari pertama bulan lunar ke-12 jumlah penelusuran untuk "makan malam Tahun Baru Imlek" di platform pemesanan makanan online Eleme meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan hari yang sama tahun lalu.

Fang Jie, yang bertanggung jawab atas proyek makan malam Malam Tahun Baru Imlek, mengatakan jumlah pencarian biasanya meningkat hanya setelah hari Laba, yang juga dikenal sebagai Festival Bubur Beras, yang jatuh pada hari kedelapan bulan lunar ke-12. Dilansir dari China Daily (29/01/2021).

Namun, dengan kasus baru COVID-19 yang dilaporkan di beberapa tempat di China, orang didorong untuk tetap tinggal di kota tempat mereka bekerja untuk merayakan liburan Festival Musim Semi, yang tahun ini berlangsung dari 11 Februari hingga 17 Februari.

Banyak orang sudah mulai membuat persiapan awal untuk makan malam Tahun Baru Imlek mereka, kata Fang.

"Tahun lalu, karena pandemi, bisnis online di industri katering tumbuh secara signifikan. Kami berharap untuk makan malam Tahun Baru Imlek tahun ini, pilihan makanan bungkus akan semakin meningkat dari jumlah restoran hingga variasi hidangan yang ditawarkan," dia berkata.

Banyak orang yang bekerja jauh dari kampung halaman mereka akan merindukan hidangan masakan khas orang tua mereka saat makan malam reuni keluarga pada malam imlek tahun ini.

Makanan ini secara tradisional dimasak di rumah, tetapi makan malam yang bawa pulang akan menjadi pilihan populer untuk Malam Tahun Baru Imlek bulan depan. Restoran dan platform pemesanan makanan online siap untuk malam tersibuk dalam setahun.

Beberapa restoran menawarkan makanan yang bungkus untuk dua hingga empat orang, tetapi juga melayani pengunjung tunggal.

Fang mengatakan Eleme bekerja sama dengan restoran untuk meluncurkan makanan set untuk satu hingga empat pengunjung, terutama di kota-kota tingkat pertama seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou serta Shenzhen, provinsi Guangdong.

"Ini akan berbeda tahun ini, dengan banyak pasangan dan lajang harus merayakan imlek sendiri," katanya.

"Banyak dari mereka tidak tahu cara memasak hidangan utama untuk makan malam Festival Musim Semi, jadi kami berharap restoran dapat membantu mereka dalam hal ini," lanjutnya.

"Orang membutuhkan waktu untuk mempelajari cara memasak hidangan yang rumit ini, jadi lebih baik mereka memesan makanan yang dibawa pulang atau hidangan daging setengah jadi dan memasak sayurannya sendiri."

Fang mengatakan permintaan yang kuat diperkirakan selama liburan untuk teh susu dan makanan penutup, dan Eleme telah menghubungi pedagang untuk mempersiapkan peningkatan jumlah pesanan.

Dia mengatakan platform tersebut telah mendistribusikan ribuan pasang sarung tangan dan tempurung lutut kepada pengendara pengirimannya, yang diberi pembayaran khusus untuk bekerja selama liburan. Itu juga mempersiapkan gala online dan makan malam khusus pada Malam Tahun Baru Imlek bagi pengirim yang tidak kembali ke kampung halaman mereka.

Di 200 kota di seluruh negeri, Eleme telah berkolaborasi dengan lebih dari 30.000 restoran dan toko untuk mendirikan stasiun kurir bagi pengantar untuk beristirahat. Stasiun juga menawarkan layanan pengisian gratis untuk skuter dan sepeda motor pengendara, bersama dengan minuman panas dan makanan.

Fang mengatakan makanan set yang ditawarkan oleh platform bekerja sama dengan restoran akan diluncurkan secara online mulai Senin.

Pelanggan juga bisa mengambil makanan sendiri. "Mereka tidak perlu menunggu kurir jika restorannya dekat dengan rumah mereka," ujarnyaMengatasi pandemi

Jaringan restoran Nanjing, Dapaidang, biasanya menawarkan satu set makan malam Tahun Baru Imlek untuk delapan hingga 12 orang, tetapi direktur pemasaran Han Yan mengatakan bahwa tahun ini, makanan set untuk dua hingga empat orang disediakan dengan biaya 398 yuan (Rp856 ribu).

Makanan ini, yang terdiri dari bebek, ikan, ayam, udang dan sayuran, terdiri dari empat hidangan dingin, lima hidangan panas, dua makanan pokok, dan sepiring buah.

"Hidangan di restoran kami sebagian besar disajikan dalam porsi kecil, jadi untuk set 398 yuan kami telah menyertakan sembilan hidangan dengan berbagai sajian menu khas kami. Dengan cara ini, pelanggan dapat mencicipi lebih banyak makanan untuk makan malam spesial ini," kata Han.

"Kami sedang menyiapkan makan malam Tahun Baru Imlek di 80 restoran kami di seluruh China. Ambil contoh Nanjing (ibu kota provinsi Jiangsu), di mana kami telah menyiapkan 1.200 set makan malam untuk memastikan setiap lusinan restoran kami di kota dapat menawarkan sekitar 100 makanan seperti itu. ," dia berkata.

Han mengatakan, set seharga 398 yuan itu merupakan sepertiga dari makan malam yang telah disiapkan bisnis untuk malam imlek. Makanan harus dipesan dua hari sebelumnya.

"Karena beberapa orang masih memilih tempat untuk menghabiskan imlek, kami memberi pelanggan lebih banyak waktu untuk memutuskan. Mereka dapat memilih bawa pulang atau makan direstoran kami, membeli makanan sendiri atau mengirimkannya," katanya.

Han merasa karena pandemi, rantai restoran telah berupaya lebih keras untuk menyediakan layanan online. Mereka juga lebih sering mengubah menu untuk memenuhi permintaan pelanggan, dan mengupgrade makanan untuk dibawa pulang.

Nanjing Dapaidang telah menyiapkan kemasan khusus untuk hari imlek "Kami telah mengujinya untuk memastikan makanan tetap panas setidaknya selama satu setengah jam," kata Han.

Dia memperkirakan 80 persen dari 6.000 karyawan perusahaan akan bekerja selama liburan.

"Anggota staf bagian pembelian dan dapur kami siap untuk musim tersibuk tahun ini, dan jika platform pengiriman kekurangan tenaga, karyawan kami siap untuk bergabung dengan tim ini," katanya.

Han mengatakan rencana krisis telah disusun jika wabah COVID-19 muncul di daerah tertentu. Jika komunitas perlu dikarantina, Nanjing Dapaidang akan bekerja sama dengan warga untuk memastikan makanan terkirim.

Rantai juga meluncurkan beberapa kotak kado yang menampilkan hidangan setengah matang yang hanya perlu dipanaskan kembali. Hidangan ini termasuk makanan tradisional Nanjing seperti bebek asin rebus dan daging yang diawetkan. Han mengatakan puluhan ribu kotak kado telah terjual.

"Ini adalah tahun yang istimewa bagi industri katering, dengan sebagian besar restoran menyiapkan pengiriman makanan untuk makan malam Tahun Baru Imlek. Yang bisa kami lakukan hanyalah mempersiapkan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan," katanya.

Selama pandemi, jaringan restoran Meizhou Dongpo telah meluncurkan hidangan takeout setengah matang dan toko sayuran online. Kedua layanan tersebut terbukti populer dan telah ditingkatkan untuk imlek.

Zhou Miao, yang bertanggung jawab atas pemasaran merek rantai tersebut, mengatakan enam hidangan khas telah dipilih untuk layanan dibawa pulang, termasuk Dongpo daging babi rebus dan dadih darah rebus pedas.

“Untuk makanan ini, kami menggunakan segel agar sup tidak tumpah. Makanan juga bisa dipanaskan langsung di atas kompor yang ada di mangkuk yang telah disediakan, sehingga pelanggan tidak perlu mencuci panci sendiri,” kata Zhou.

Sayuran dapat dipesan secara online dari Meizhou Dongpo untuk pengiriman keesokan harinya. "Untuk pengunjung Beijing, kami menyediakan sayuran lokal segar yang dikirim dari provinsi Sichuan setiap hari," kata Zhou.

Rantai ini menawarkan set makan malam Tahun Baru Imlek dengan harga mulai dari 399 yuan (Rp856 rupiah) hingga 1.899 yuan (Rp4,1 juta), bersama dengan koki di tempat.

Zhou mengatakan restorannya di seluruh negeri akan tetap buka selama liburan, menyediakan sarapan, makan siang, dan makan malam.

Bagi mereka yang makan sendirian di Malam Tahun Baru Imlek, restoran Jepang Nadaman di Beijing telah meluncurkan set hotpot Festival Musim Semi khusus, yang akan tersedia selama liburan.

Set yang harganya 688 yuan (Rp1,4 juta) ini terdiri dari sebotol sake, dua jenis sashimi, dan bahan hotpot lainnya seperti udang, salmon, daging sapi, babi, ayam, dan berbagai macam sayuran.

Menu disiapkan

Menu-menu untuk perayaan imlek sedang disiapkan -Gambar diambil dari berbagai sumber segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Selain makan malam dan makanan untuk dibawa pulang, restoran bebek panggang Peking Dadong menawarkan layanan di mana koki dan pramusaji bintang mengunjungi rumah pelanggan untuk memasak dan menyajikan makanan pada Malam Tahun Baru Imlek.

Layanan ini tersedia di Beijing, Shanghai dan Shenzhen.

Luo Ruixin, direktur pemasaran Dadong, mengatakan menu telah disiapkan untuk makan malam spesial, dan pelanggan juga dapat memesan hidangan mereka sendiri.

"Biasanya, satu keluarga beranggotakan enam hingga 10 orang menggunakan layanan ini, yang biayanya sekitar 1.500 yuan (Rp 3,2 juta) per orang. Kami mengirim seorang koki bebek panggang, dua koki untuk hidangan panas lainnya, dan satu atau dua server."

Koki membawa bahan bersama mereka. Beberapa bahan, termasuk abalon, disiapkan terlebih dahulu jika perlu waktu lama untuk dimasak. Semua peralatan makan dan bahkan oven listrik untuk bebek panggang juga disediakan.

"Tim kami biasanya tiba di rumah pelanggan dua hingga tiga jam sebelum makan malam disajikan," kata Luo.

Dia menambahkan bahwa koki dan server yang dikirim ke rumah pelanggan divaksinasi terhadap COVID-19 dan mematuhi langkah-langkah anti-pandemi.

Luo optimis dengan layanan ini, karena menurutnya masyarakat tidak terlalu mengkhawatirkan pandemi. Mereka juga tidak bepergian ke luar negeri selama imlek.

Dia mengatakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, bisnis makan malam baik-baik saja dari Malam Tahun Baru Imlek hingga hari kedua Festival Musim Semi, ketika menurun tajam sebelum secara bertahap dimulai menjelang Festival Lentera, pada hari ke-15 dari bulan lunar pertama.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, kami membatasi jumlah takeout order untuk mempertahankan layanan kami bagi pelanggan dine-in. Namun, tahun ini kami mengharapkan lebih banyak order online,” kata Luo.

Dadong menawarkan kupon untuk set imlek dan kotak hadiah yang mencakup hidangan khasnya seperti abalon, bebek panggang, dan daging babi rebus. Set dan kotak kado hampir terjual.

"Banyak perusahaan membeli kupon sebagai hadiah untuk karyawan atau klien mereka. Mereka dapat menggunakannya untuk memesan makanan dibawa pulang atau untuk makan di restoran kami," kata Luo.

Teh sore adalah pilihan lain untuk pertemuan keluarga imlek.

Dari 11 Februari hingga 13 Februari, Park Hyatt Beijing menawarkan paket teh sore Tahun Baru Cina bagi pelanggan untuk menikmati pemandangan dari lantai 63. Paket yang harganya 699 yuan ini terdiri dari satu set makanan penutup dengan teh, kopi, dan dua gelas sampanye. Pemesanan harus dilakukan setidaknya sehari sebelumnya.

Koki eksekutif Martin Aw Yong mengatakan paket itu termasuk makanan penutup gurih dan manis yang menggabungkan masakan Cina dan Barat.

Makanan penutup gurih termasuk truffle panggang dan daging sapi wagyu yang direbus dengan puff pastry pedas ala Cina, bersama dengan puff pastry delima dengan bungkus basil dan kepiting sirip biru dan isian bulu babi. Kedua makanan penutup tersebut telah diberi nama keberuntungan untuk merayakan Tahun Kerbau.

Sajian manisnya antara lain citrus quark cheesecake, red berry tea tiramisu dan honeydew melon milk sago

Dapur terbuka memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan koki menyiapkan makanan penutup yang lembut ini, dan kreasi mereka dipajang di stand pameran kaca di sebelah dapur.

Untuk Festival Musim Semi, hidangan utama yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang membutuhkan waktu lama untuk dimasak adalah pilihan yang populer untuk dibawa pulang, dan poon choi adalah salah satu hidangan paling disukai di restoran Kanton di Beijing seperti Xin Ming Yuen, Jia, dan Ruang Makan.

Diyakini berasal dari Dinasti Song (960-1279), poon choi dikatakan berasal dari desa-desa bertembok di New Territories di Hong Kong.

Bahan-bahannya biasanya abalon, ginseng, perut ikan, udang, kepiting, daging sapi, babi, domba, ayam, bebek, belut goreng, udang kering, dan kulit babi.

Peng Aiqiang, chef eksekutif di Jia, yang memiliki pengalaman lebih dari tiga dekade dalam masakan Kanton, mengatakan bahan untuk poon choi semakin banyak setiap tahun.

Versi hidangannya menyajikan berbagai makanan laut premium dan jamur langka yang direbus dengan sempurna.

Peng juga membuat hidangan bawa pulang menggunakan daging domba Dongshan yang direbus dari Wanning, provinsi Hainan, yang memiliki lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein dibandingkan jenis domba lainnya. Dagingnya direbus perlahan selama lebih dari 90 menit dengan chestnut, chestnut air, dan rebung musim dingin.

Peng mengatakan daging kambing paling cocok untuk musim dingin, dan karena hidangan ini populer di restoran, dia memutuskan untuk menjadikannya pilihan makanan dibawa pulang untuk menghabiskan malam imlek. “Cocok untuk kumpul keluarga,” imbuhnya. (*)

[Alifa Asnia/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Terkait

culture

Yuk, Simak 30 Fakta tentang China Ini!

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Oct 2020

culture

2021: Tahun Kerbau Logam, Apa yang Perlu Diperhatikan?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 22 Oct 2020

culture

Kenali Barongsai Lebih Jauh, Tarian Khas Imlek

  • Aisyah Hidayatullah
  • 21 Nov 2020

Culture

Jangan Beri 10 Kado Ini Saat Imlek, Bahaya...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 05 Dec 2020

lifestyle

Horoskop China 2021: Tahun Kerbau

  • Aisyah Hidayatullah
  • 31 Dec 2020

Health

Beijing Vaksinasi 9 Kelompok Prioritas Tinggi sebelum Imlek

  • Isna Fauziah
  • 03 Jan 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong