Baca dalam 3 menit

Bagaimana Situasi Pelajar Tiongkok di AS Saat Ini?

Waktu Publish : 24 Jul 2020, 10:07 WIB
SHARE ARTIKEL

Pelajar Tiongkok di AS - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir Sohu News, Selasa (21/7/20) lalu, Bai Yansong (白岩松), jurnalis CCTV News, melangsungkan video konferensi dengan dubes Tiongkok untuk AS Cui Tianka(崔天凯), untuk berbicara mengenai situasi terkini para pelajar Tiongkok yang belajar di AS.

Berikut adalah rangkuman pernyataan Cui Tiankai (崔天凯).

Hingga saat ini, jumlah pelajar Tiongkok yang belajar di AS melebihi 400 ribu orang. Di antaranya, ada yang sudah menyelesaikan studinya dan harus kembali ke Tiongkok, karena visanya sudah berakhir. Namun mereka belum bisa kembali karena situasi COVID-19.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan (中华人民共和国教育部), Administrasi Penerbangan Sipil (中国民用航空总局), dan Kementerian Luar Negeri Tiongkok (中华人民共和国教育部), mengatur lebih dari 30 penerbangan sementara untuk menjemput pelajar internasional tersebut. Hingga saat ini, baru ada 7 ribu siswa yang kembali ke Tiongkok dengan pesawat tersebut.

Pelajar Tiongkok di AS - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Sejak awal epidemi COVID-19, kedutaan dan konsulat jenderal Tiongkok di AS telah melakukan kontak erat dengan pelajar internasional Tiongkok untuk mengawasi kesehatan mereka. Seperti membagikan alat kesehatan, mengadakan video call, dan menjawab semua panggilan masuk dari mereka.

Sejak sekolah AS memasuki liburan musim panas, dalam menanggapi kebutuhan pelajar internasional, kedutaan dan konsulat, Departemen Pendidikan Tiongkok, dan Universitas Fudan (复旦大学)juga telah menyelenggarakan serangkaian kuliah online untuk para pelajar ini. Termasuk kondisi akademik, pencegahan dan kontrol epidemi, kesehatan mental, bahkan seminar tentang situasi pekerjaan di Tiongkok.

Saat ini, keselamatan pelajar internasional Tiongkok di AS juga terancam. Beberapa departemen di Amerika Serikat memperlakukan mereka dengan kasar. Pihak kedutaan besar harus terus memastikan keselamatan para pelajar tersebut.

Para pelajar yang sudah kembali ke Tiongkok punya masalah dan kekhawatiran baru kalau kembali ke AS. Seperti masalah visa, tiket pesawat, dan kekhawatiran jika kebijakan pemerintah AS akan berubah lagi. Terlebih mengingat situasi yang sedang tidak baik antara Tiongkok dan AS. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong