Baca dalam 3 menit

Hari Ini! Sepuluh Juta Siswa Siap Hadapi Ujian Terberat di Tengah Pandemi

Waktu Publish : 07 Jul 2020, 15:21 WIB
SHARE ARTIKEL

Lokasi Ujian Gaokao di Xuzhou - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – 10 juta siswa di Tiongkok, yang lahir ketika wabah SARS muncul pada tahun 2002, kembali menghadapi ujian terberat lagi tahun ini. Pasalnya, 10 juta siswa tersebut akan mengikuti ujian masuk universitas, atau yang dikenal sebagai gaokao (高考), di tengah pandemi COVID-19. Melansir Global Times, untuk pertama kalinya, siswa yang mengikuti gaokao (高考) itu bukan hanya harus mengikuti tes bahasa Mandarin, Matematika, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan, tetapi mereka juga harus megikuti tes suhu tubuh, bahkan tes asam nukleat.

Di Tiongkok, nilai gaokao (高考) siswa adalah satu-satunya kriteria untuk masuk ke universitas. Sebagian besar siswa Tiongkok hanya mendapatkan satu kesempatan saja, yang "menentukan nasib mereka" dan orang-orang Tiongkok. Gaokao (高考) itu bagaikan “ribuan orang melintasi jembatan sempit.” Hari ini, 7 Juli 2020, hingga hari Rabu (8/7/2020) besok, sebanyak 10,71 juta siswa akan mengikuti ujian gaokao (高考) ini, jumlah yang meningkat sebanyak 400.000 dari tahun 2019. Akibat wabah COVID-19, ruang kelas ujian diharuskan steril, tiap harinya ruangan disterilkan dan didisinfektan jelang dua minggu pelaksanaan ujian. Meskipun pada tahun 2020 siswa yang ikut lebih banyak, namun jumlah siswa di tiap ruang ujian dikurangi, yang biasanya 30 siswa, sekarang hanya 20 siswa, untuk meminimalisir adanya kontak fisik.

Gaokao (高考) tahun 2020 akan menjadi acara terorganisir terbesar di Tiongkok, sejak pecahnya COVID-19. Terkait pandemi ini, ruang pengukuran suhu telah didirikan di tiap kampus-kampus dan ruang kelas cadangan, untuk mempersiapkan jika ada siswa ujian yang menunjukkan gejala demam dan batuk selama ujian. Disinfektan, pembersih tangan dan tempat sampah khusus telah ditempatkan di ruang kelas. Terlepas dari langkah-langkah keamanan yang ketat, para ahli psikologis juga diatur untuk membantu menghilangkan stres dan kecemasan siswa sebelum tes. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong