Baca dalam 5 menit

Uang Kertas Baru Pecahan 5 Yuan, Anti Pemalsuan

Waktu Publish : 10 Jul 2020, 21:13 WIB
SHARE ARTIKEL

Uang Kertas 5 Yuan Versi Baru Edisi 2020 - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari NetEase, Bank Rakyat Tiongkok (中国人民银行) mengumumkan pada 8 Juni 2020, bahwa mereka akan mengeluarkan set kelima uang kertas RMB 5 untuk edisi 2020 pada 5 November 2020.

Pada uang ini terdapat fitur baru ini ternyata anti-pemalsuan, alias tidak bisa dipalsukan.

Menurut perwakilan dari Bank Rakyat Tiongkok (中国人民银行), versi baru uang kertas 5 yuan mengoptimalkan tingkat dan efek dari struktur uang dengan tetap mempertahankan pola warna utama dan elemen lainnya.

Teknologi anti-pemalsuan yang diterapkan lebih maju, tata letaknya lebih masuk akal, dan teknologi anti-pemalsuannya lebih canggih daripada uang kertas 5 yuan edisi tahun 2005.

Pada versi baru uang kertas 5 yuan, dilengkapi fitur anti-pemalsuan seperti angka denominasi dan variabel yang berbentuk lekukan. Hal ini digunakan untuk keamanan magnet holografik. Di uang ini pun terdapat fitur magnet pengaman yang tertanam di dalam uang.

Untuk pertama kalinya, uang kertas 5 yuan baru memiliki teknologi pencetakan gravure dua sisi, yang tidak tersedia dalam uang kertas pecahan lainnya.

Menurut perwakilan dari Bank Rakyat Tiongkok (中国人民银行), teknologi ini adalah teknologi khusus untuk mencetak uang yang dikembangkan secara mandiri oleh Tiongkok, yang sepenuhnya ditujukan untuk keamanan dan inovasi teknologi anti-pemalsuan RMB, juga merupakan pertama kalinya teknologi ini diterapkan pada sirkulasi uang kertas RMB.

Pola sudut kiri bawah dan kanan atas dari versi baru uang kertas 5 yuan, dan sudut kiri dan kanan bawah belakang disesuaikan dengan angka denominasi gravure-to-print dan pola grav-to-print.

Melalui teknologi pencetakan gravure dua sisi, dan melalui pengamatan cahaya, dapat dilihat bahwa pola parsial depan dan belakang membentuk sejumlah angka-angka denominasi.

Uang Kertas 5 Yuan Versi Baru Edisi 2020 - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Teknologi cahaya variabel yang berbentuk lekukan adalah teknologi anti-pemalsuan canggih yang diakui di bidang pencetakan uang kertas internasional, serta mudah untuk identifikasi publik.

Versi baru uang kertas 5-yuan memiliki warna angka pecahan yang cerah dan bervariasi yang dicetak di tengah bagian depan untuk mengubah sudut pandang uang kertas. Warna nomor pecahan "5" berubah menjadi gradasi warna emas dan hijau.

Selain penerapan fitur teknologi anti-pemalsuan, lapisan pelindung anti-kotoran pun diterapkan pada uang 5 yuan versi baru ini.

Misalnya, efek kejernihan dan gradasi tanda air, kekuatan kertas pada uang ini telah meningkat secara signifikan dan umur sirkulasi lebih lama, lapisan pelindung anti-kotoran di kedua sisi uang kertas juga telah ditingkatkan untuk masalah kebersihan.

Selain itu, dibandingkan dengan edisi kelima set uang kertas RMB 5 pada tahun 2005, versi baru uang kertas 5 yuan juga telah disesuaikan dalam hal efek wajah dan tata letak. Menurut laporan, di sisi kiri depan uang kertas 5 yuan baru, pola dekoratif telah ditambahkan, posisi watermark digital putih denominasi telah disesuaikan.

Gaya watermark bunga di sebelah kiri, angka horizontal di sebelah kiri, bunga hias di tengah, dan ilustrasi gambar wajah Mao Zedong (毛泽东) di sebelah kanan juga telah disesuaikan.

Menurut Bank Rakyat Tiongkok (中国人民银行), langkah selanjutnya untuk bekerja sama dalam penerbitan set kelima uang kertas RMB 5 edisi 2020, adalah merilis informasi yang relevan seperti fitur anti-pemalsuan melalui situs web Bank Rakyat, Weibo, dan aplikasi WeChat.

Sebelum dan sesudah penerbitan uang kertas 5 yuan baru, masyarakat juga dapat menerima brosur yang relevan di outlet lembaga keuangan perbankan. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong