Baca dalam 3 menit

Bank Sentral Tiongkok: Promosikan Lebih Lanjut Penggunaan RMB Lintas Negara

SHARE ARTIKEL

Bank Sentral Tiongkok (中国人民银行) - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir China Daily, Tiongkok selanjutnya akan memfasilitasi penggunaan renminbi lintas negara dengan mempromosikan program percontohan untuk meningkatkan perdagangan dan investasi. 

Hal ini guna memungkinkan lebih banyak bank sentral asing dan otoritas moneter untuk memegang mata uang sebagai aset cadangan.

Setelah satu dekade internasionalisasi mata uang, Tiongkok berharap alokasi aset RMB oleh investor asing akan lebih difasilitasi dan transaksi pasar keuangan domestik oleh investor asing akan terus berkembang pesat.

Menurut para analis, Penggunaan RMB lintas negara telah mengalami kemajuan pesat dan mempertahankan pertumbuhan yang kuat tahun ini, bahkan di tengah dampak pandemi COVID-19 yang telah sangat menghantam perdagangan, keuangan, dan ekonomi global.

Lebih dari 70 bank sentral dan otoritas moneter di seluruh dunia telah memasukkan RMB ke dalam cadangan devisa mereka sejauh ini, menurut Laporan Internasionalisasi RMB 2020 dari Bank Sentral Tiongkok (中国人民银行).

Bank Sentral Tiongkok (中国人民银行) berjanji untuk terus mendorong internasionalisasi RMB berdasarkan kekuatan pasar dan orientasi untuk melayani ekonomi riil dengan lebih baik.

“Kami mengharapkan lebih banyak pedagang asing untuk bergabung dengan komoditas minyak mentah, bijih besi, dan perdagangan komoditas berjangka lainnya dan lebih sering menggunakan RMB dalam perdagangan komoditas riil. 

Nantinya, jenis produk keuangan dalam mata uang RMB akan lebih banyak disediakan,” tambah Bank sentral Tiongkok (中国人民银行). (*)


Terkait

business

Bank Sentral Tiongkok: Promosikan Lebih Lanjut Penggunaan RM...

  • Della Shafira Putri
  • 17 Aug 2020
Logo follow bolong