Baca dalam 3 menit

Institut Konfusius Makin Mendapat Tekanan dari AS

SHARE ARTIKEL

Institut Konfusius di San Fransisco, AS -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir China Daily, Kamis (13/8/20), Pusat Institut Konfusius AS (CIUS) menyatakan pihaknya tidak setuju dengan Departemen Luar Negeri AS yang melabelinya sebagai “misi asing” Tiongkok.

Dalam sebuah pernyataan, Menlu AS Mike Pompeo menyebut Institut Konfusius sebagai “entitas yang memajukan propaganda global Beijing dan kampanye pengaruh buruk di kampus AS dan ruang kelas.”

CIUS dikhususkan untuk layanan pendidikan global dan peluang antar budaya bagi komunitas Amerika dan memfasilitasi warga AS yang ingin belajar bahasa Mandarin.

“CIUS tidak memiliki ’jahat’, atas bagaimana universitas menjalankan dan mengelola program bahasa Institut Konfusius mereka sendiri. Kami berharap Departemen Luar Negeri mengunjungi sekolah-sekolah itu dan melihat sendiri keadaannya,” kata pihak CIUS.

Karena hubungan AS-Tiongkok memburuk dalam beberapa bulan terakhir, semakin banyak penutupan CI di kampus AS. Beberapa kasus dipicu oleh tekanan dari anggota parlemen yang mengeluh bahwa lembaga tersebut “tidak seperti yang mereka bayangkan” atau kurang transparan, meskipun banyak sekolah yang menjalankan program melaporkan sebaliknya.

Gao Qing, direktur eksekutif CIUS, mengatakan setidaknya 20 CI telah ditutup selama satu setengah tahun terakhir. (*)


Terkait

international

Institut Konfusius Makin Mendapat Tekanan dari AS

  • Della Shafira Putri
  • 16 Aug 2020
Logo follow bolong