Baca dalam 3 menit

Makanan yang Tak Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, Kira-Kira Apa Ya?

SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Kulkas -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir Sina News, kulkas sejatinya dirancang untuk menjaga kesegaran makanan, namun siapa sangka, tak semua makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Beberapa makanan bahkan jika dimasukkan ke kulkas, tidak hanya menjadi tak segar, tapi juga akan menjadi sarang karsinogen. Waduh, kira-kira makanan apa saja sih yang tidak bisa dimasukkan ke kulkas?

1. Makanan yang Diasinkan

Acar - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Makanan yang diawetkan pada umumnya adalah acar sayuran. Banyak orang yang menaruh acar yang tidak habis di mangkuk lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah itu mengeluarkannya kembali ketika ingin dimakan lagi. Padahal hal tersebut salah, karena pengolahan acar sendiri sudah mengandung kadar garam yang tinggi serta tidak mudah busuk, sehingga umumnya tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari es.

Jika ditaruh di lemari es, acar akan menghasilkan natrium nitrit setelah pengawetan. Setelah masuk ke dalam perut,  acar secara kimiawi akan bereaksi dengan amina di dalam perut membentuk nitrit amina yang bersifat karsinogen dan mudah menyebabkan berbagai macam kanker pada sistem pencernaan. Apalagi garam yang tinggi dapat dengan mudah menyebabkan tekanan darah tinggi, terutama bagi para lansia. Ingat, makanlah acar sesedikit mungkin, sebab makanan tinggi garam sangat buruk.

2. Makanan yang Dipanggang

Barbeku -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Anda pernah membungkus daging barbeku atau sate dari restoran, lalu menyimpannya di dalam kulkas? Jangan dilakukan lagi! Sebab, barbeku paling baik dimakan saat itu juga setelah dipanggang. Barbeku dipanggang dengan api arang yang mudah menghasilkan lemak. Lemak-lemak tersebut akan membentuk karsinogen seperti hidrokarbon aromatik siklik dan benzopiren saat diteteskan di atas api arang.

3. Gorengan

Gorengan -  Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Pasti semua orang sudah tahu, makanan yang digoreng tidak baik untuk tubuh dan mudah menyebabkan obesitas. Setelah digoreng dengan suhu tinggi, makanan akan membentuk karsinogen akrilamida yang dapat memicu terjadinya berbagai macam kanker. Cobalah kurangi gorengan dan janganlah memasukkannya ke kulkas!

4. Makanan yang Busuk

Buah Busuk - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Beberapa orang kadang suka memotong bagian busuk dari buah, dan memakan bagian yang tidak busuk. Ternyata ini adalah kebiasaan yang buruk, lho! Meski bisa menghemat dengan cara ini, namun hal ini hanya akan menjadi beban bagi tubuh. Meski yang dikonsumsi hanya bagian yang tidak busuk, namun tetap saja bagian tersebut berasal dari satu buah yang sama.

Makanan yang rusak dapat dikatakan sangat berbahaya. Makanan yang rusak dan berjamur akan menghasilkan aflatoksin, yang merupakan karsinogen kelas satu. Bahkan suhu tinggi tidak dapat sepenuhnya membunuh toksisitasnya, jadi jika Anda menemukan makanan yang telah membusuk, segera buang.

Selain keempat makanan di atas, ada juga makanan lain yang tak cocok disimpan di dalam kulkas. Misalnya paprika hijau. Jika Anda suka memasukkan paprika hijau ke dalam kulkas, pasti Anda menyadari bahwa paprika hijau dapat dengan mudah menjadi lunak dan hitam. Hal ini karena 7°C-8°C adalah suhu penyimpanan terbaik untuk paprika hijau. Suhu yang terlalu rendah akan membekukan paprika hijau.

Begitu pula untuk tomat dan mentimun. Suhu rendah akan membuat dua sayur ini kehilangan rasa aslinya. Semangka pun sama, tak baik menyimpannya di dalam kulkas dalam waktu lama, terutama semangka yang dipotong. Jadi, cara menyimpan semangka yang benar adalah dengan membungkus bagian yang terbuka dengan bungkus plastik.

Terakhir, kulkas juga harus didesinfeksi dan dibersihkan secara teratur karena kulkas mudah menghasilkan zat berbahaya seperti bakteri. (*)


Terkait

health

Makanan yang Tak Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, Kira-Kira Ap...

  • Della Shafira Putri
  • 09 Aug 2020
Logo follow bolong