Ini Dia Cara Pakai dan Bersihkan Masker Kain

logo clock 3 Menit logo clock 17-10-2020, 13:00

Ini Dia Cara Memakai dan Membersihkan Masker Kain - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - PSBB Transisi kembali diterapkan di DKI Jakarta. Juga wajib masker. Inilah yang perlu kalian ketahui tentang cara membersihkan masker kain dengan benar, dilansir dari uab.edu, Jumat (16/10/2020).

Cara memakai masker kain yang benar

Sebelum mengambil masker, pastikan sudah mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Jika masker yang kalian pakai memiliki tali, ikat tali bagian atas terlebih dahulu, lalu tali bagian bawah. 

Setelah diikat, jangan sentuh masker lagi. Jika masker yang kalian pakai memiliki tali elastis, lingkarkan di telinga kalian.

“Jika terasa tergelincir, pastikan untuk mencuci tangan lagi sebelum menyesuaikannya,” kata Rachael Lee, dokter penyakit menular di UAB.

Masker harus menutupi hidung dan mulut, jadi jangan memakainya di bawah hidung Anda. Sebelum melepas masker, cuci atau bersihkan tangan. Penting juga untuk mengingat sisi mana yang berada di luar.

“Jangan menyentuh bagian luar topeng saat memakainya, dan cobalah untuk tidak menyentuh bagian luar saat Anda melepasnya,” kata Watts.

Saat melepas masker, kalian harus melipatnya dengan hati-hati untuk melindungi sisi yang menghadap mulut dan hidung. Kemudian masker dapat dimasukkan ke dalam kantong untuk disimpan sampai Anda membutuhkannya kembali. Cuci tangan sekali lagi setelah melepaskan masker.

Sementara itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, masker harus pas dan nyaman saat dipakai, diamankan dengan ikatan atau loop di telinga, memiliki banyak lapisan kain, dapat digunakan untuk bernafas tanpa kendala, serta dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin tanpa merusak atau mengubah bentuk.

Cara membersihkan masker kain

Cara terbaik untuk membersihkan masker kain adalah dengan mencucinya di mesin cuci. Masker harus dicuci dan dikeringkan setidaknya sekali dalam sehari jika memungkinkan. Jika tidak memiliki akses ke mesin cuci, dapat mencucinya dengan tangan menggunakan sabun dan air. Setelah bersih dan kering, simpan masker di kantong baru atau di tempat yang tidak akan disentuh atau terpapar oleh orang lain di rumah Anda.

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Lembaga Brazil Impor Vaksin COVID-19 China yang Semula Ditolak Presiden Bolsonaro

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

China Punya 220.000 Institusi Layanan Rawat Lansia

 

logo clock 24-10-2020, 12:36
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pacar Cuek? Ini Tipsnya

 

logo clock 23-10-2020, 13:30
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Ngeri... Inggris Akan Uji Vaksin, Lalu Relawan Sengaja Ditulari COVId-19

 

logo clock 23-10-2020, 13:14
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak? Cek Faktanya...

 

logo clock 23-10-2020, 12:54
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral