Baca dalam 3 menit

Cek Lokasi Banjir Sebelum Bepergian dengan Situs Ini...

Waktu Publish : 11 Feb 2021, 11:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Banjir di pulau Jawa - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Jakarta, Bolong.id – Tingginya intensitas hujan dan banjir di sejumlah wilayah Indonesia, warga disarankan mengecek lokasi banjir sebelum bepergian. Yakni menggunakan situs informasi banjir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Melalui situs petabencana.id masyarakat dapat melihat kondisi terkini dari beberapa lokasi yang rawan banjir. Selain itu, masyarakat juga dapat melaporkan banjir yang terjadi di sekitar. 

Dilansir dari CNN Indonesia Pada Senin (08/02/21), situs tersebut memberikan informasi meliputi peta lokasi banjir, tinggi genangan air, waktu serta dilengkapi dengan foto sebagai bukti.

Pihaknya memberikan informasi yang terbilang jelas, dengan menggunakan peta berwarna oranye yang artinya kondisi banjir berskala sedang yaitu 71-150 sentimeter dan kuning banjir berskala rendah antara 10-70 sentimeter.

Pengguna sebelumnya diarahkan untuk mencari provinsi yang hendak diketahui keadaan bencana banjir tersebut. Tidak hanya berpusat di DKI Jakarta, informasi ini juga memberikan info terkini bencana banjir di provinsi lain, salah satunya di Semarang, Jawa tengah.

Peta bencana itu memberikan informasi terakhir pada pukul 09.53 WIB. Namun sayangnya, informasi banjir di Semarang tidak dilengkapi dengan foto serta ketinggian air di lokasi.

Selain petabencana.id, perusahaan teknologi raksasa Google juga memberikan fitur khusus untuk memantau titik wilayah yang terkena banjir.

Pengguna dapat memantau banjir lewat fitur pada aplikasi Google Maps yang dinamakan 'Java Floods'. Lewat fitur ini Google dilengkapi dengan informasi jalan yang ditutup imbas dari banjir di wilayah pulau Jawa.

Menggunakan fitur dari Google ini terbilang mudah, pengguna dapat masuk ke opsi 'Explore' kemudian tekan icon 'Java floods'. Serupa dengan petabencana.id, lewat aplikasi ini pengguna juga dapat memberikan berita terbaru terkait banjir atau jalan ditutup.

Melalui fitur ini, Google memberikan opsi perkembangan informasi banjir lewat pemberitaan yang bisa dilihat di fitur Java floods dengan menggeser ke bawah, lalu tekan 'See latest updates'. (*)

Megawati Putri/Penulis

BACA JUGA

Terkait

technology

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia 

  • Dian Aprilia
  • 21 Mar 2020

news

Bantuan Pencegahan COVID 19 Kloter Pertama Dari Tiongkok unt...

  • Edwin Adriaansz
  • 28 Mar 2020

news

Bantuan Alat Kesehatan dari Tiongkok Datang Lagi!

  • Edwin Adriaansz
  • 29 Mar 2020

news

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokow...

  • Edwin Adriaansz
  • 02 Apr 2020

news

Xiao Qian, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Menulis Sebu...

  • Olivia Dian
  • 17 Apr 2020

news

Para Pemimpin Tiongkok dan Indonesia Bertukar Ucapan Selamat...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong