Baca dalam 3 menit

Cuci Rambut Baiknya Pagi atau Malam?

Waktu Publish : 17 Feb 2021, 08:58 WIB
Sumber : toutiao
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Mencuci rambut malam hari, konon mengurangi kelemban rambut. Kalau pagi, juga tidak sehat. Dikutip dari Chengdu Commercial Daily, berikut tipsnya:

1. Pilih pagi atau sore untuk mencuci rambut?

Setelah mencuci rambut, saya merasa segar.  Bangun di pagi hari dengan kepala berminyak orang-orang lebih suka diam di rumah, jika tidak mencuci rambut. Tetapi apakah benar-benar tepat untuk mencuci rambut di pagi hari?

Setelah istirahat semalaman, berbagai fungsi tubuh masih terjaga, peredaran darah tidak secepat itu mencapai nilai normal, dan darah berjalan relatif lancar. Saat ini, kulit di kepala relatif sensitif. Ketika keramas, terutama keramas dengan air dingin, orang banyak terjaga, tetapi peredaran darah di otak juga ikut terangsang pada saat yang bersamaan, sehingga dipercepat. operasi. Jika Anda memikirkannya, output dari jalur produksi telah ditentukan, dan peningkatan output yang tiba-tiba pasti akan menyebabkan beban jalur produksi.

Pembuluh darah kita seperti jalur produksi. Di bawah rangsangan air dingin, sebagian besar darah mengalir ke otak, yang niscaya membebani pembuluh darah di otak, Dalam jangka panjang, hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Maka keramaslah pada pagi hari, pastikan untuk mencuci rambut pada saat suhu air sudah sesuai, dan tunggu hingga darah kembali ke nilai normal (minimal 1 jam setelah bangun tidur).

Bagaimana kalau mencuci rambut di malam hari? Beberapa orang mengatakan bahwa keramas di malam hari, jika tidak dikeringkan,  kelembapannya tetap ada di rambut, juga akan menyebabkan sakit kepala. Tidur dengan rambut tidak kering di malam hari memang akan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda, masuk angin, dan masalah lainnya. Namun, selama Anda memastikan bahwa Anda tidak mencuci rambut sebelum tidur dan mengeringkan rambut secara menyeluruh setelah keramas, tidak akan ada banyak masalah.

Jadi, mandi pada pagi atau malam hari, selama tidak merasa tidak enak badan aka dapat melakukannya sesuai dengan kebiasaan Anda sendiri.

2. Seberapa sering saya harus mencuci rambut?

Beberapa orang mencuci rambut di pagi hari, dan angin sepoi-sepoi membuatnya berminyak di sore hari; beberapa orang mencuci rambut hanya sekali setiap dua hari, dan rambut mereka mengembang, seperti jerami di kepala; beberapa orang mencuci rambut mereka setiap hari, dan ketombe masih jatuh seperti kepingan salju. Masalah rambut apa ini? Apakah keramas setiap hari justru buruk?

Rambut kita bergantung pada pertumbuhan kulit kepala, apakah itu berminyak, kering, berketombe, atau rambut rontok, pada dasarnya masalah
ini adalah masalah "tanah" di kulit kepala. Kulit kepala manusia terutama terbagi menjadi berminyak, kering dan netral Bagaimana membedakannya?

Orang dengan rambut berminyak biasanya memiliki kotoran berminyak yang terlihat jelas atau kulit kepala yang gatal pada hari kedua setelah keramas; orang dengan rambut kering umumnya memiliki rambut yang lebih kasar, yang sulit disentuh, dan tidak memiliki elastisitas; dan mereka tinggal di keduanya di tengah, itu milik rambut netral, yang merupakan kondisi terbaik kulit kepala.

Frekuensi keramas bisa disesuaikan dengan sifat kulit kepala

Kulit kepala yang berminyak memiliki banyak sekresi dan perlu dibersihkan tepat waktu, jika tidak maka akan dengan mudah menyumbat folikel rambut dan menyebabkan kulit kepala berjerawat atau bahkan rambut rontok.Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci kulit kepala yang berminyak setiap hari pada musim panas dan dua hari sekali. di musim dingin. Untuk kulit kepala kering, kelenjar sebaceous tidak disekresikan, dan terlalu sering keramas akan memperparah deskuamasi, oleh karena itu dianjurkan untuk mencucinya setiap 2 sampai 3 hari sekali. Dan untuk kulit kepala netral di antaranya, satu atau dua hari berikutnya baik-baik saja, tergantung kenyamanan Anda.

Bahan referensi:

[1] "Akankah keramas selama periode menstruasi benar-benar membunuh akar penyebabnya? Waktu terbaik untuk keramas, pagi atau sore? Tidak ada lagi kusut setelah membacanya. Family Doctor News. 2018-04-13

[2] Seberapa sering saya mencuci rambut? Cuci di pagi atau malam hari? 5 kesalahan sampo ini akan membuat sampo Anda mengubah rambut Anda. "Chengdu Commercial Daily. 2020-11-25

Terkait

culture

Taucang (頭鬃), Kuncir Khas Tiongkok Pada Era Dinasti Qing

  • Lupita
  • 22 Nov 2020

health

Epidemi Rambut Rontok Melanda China

  • Isna Fauziah
  • 19 Nov 2020

lifestyle

Yuk, Ikuti Tips Merawat Kesehatan Rambut dari China Ini

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Dec 2020

health

Cuci Rambut Baiknya Pagi atau Malam?

  • Djono W. Oesman
  • 17 Feb 2021

culture

Peribahasa China :九牛一毛 - Sembilan Ekor Sapi dan Satu...

  • Lupita
  • 27 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong