Baca dalam 3 menit

Tim WHO Investigasi Institut Virologi Wuhan

Waktu Publish : 05 Feb 2021, 10:34 WIB
SHARE ARTIKEL

Tim WHO Mengunjungi Institut Virologi Wuhan - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Wuhan, Bolong.id - "Pakar WHO yakin, nstitut Penelitian Virus Wuhan aman." Itu hasil investigasi pakar tentang asal mula virus Corona di kota tersebut. Tim ahli memberikan komentar positif kepada Laboratorium Virus Wuhan, yang selama ini dicurigai negatif.

Menurut laporan CNN Rabu (03/02/21), tim pakar WHO tinggal di Institut Penelitian Virus Wuhan selama hampir empat jam pada hari itu dan mengunjungi "Laboratorium Virus Wuhan" -Laboratorium Tingkat Keamanan Hayati 4 (BSL) -4). 

Menurut spesifikasi keselamatan dan derajat penyegelan, laboratorium saat ini merupakan laboratorium biologi dengan tingkat keamanan tertinggi di Tiongkok. Mengenai status laboratorium tersebut, Peter Dasak, ketua organisasi nirlaba "Ecological Health Alliance" dan anggota kelompok ahli WHO, mengungkapkan keyakinan penuh. 

Dia berkata: "Saya sangat akrab dengan laboratorium ini. Hasil penelitian ilmiah.” Dia juga menambahkan bahwa mungkin justru karena penelitian terkait laboratorium sangat dekat dengan kebenaran virus, tetapi beberapa orang telah menuduhnya dan berusaha untuk menjatuhkannya, yang "cukup ironis."

Selama periode epidemi tinggi di Amerika Serikat, pemerintahan Trump saat itu berulang kali keliru mengklaim bahwa laboratorium itu adalah "tempat kelahiran virus corona". Pernyataan ini berulang kali "ditentang" oleh para akademisi. 

Dasak mengatakan di Twitter bahwa pada 3 Februari 2021, dia bertemu dengan Shi Zhengli, wakil direktur Laboratorium Keamanan Hayati dan seorang ahli virus di Tiongkok. Terakhir kali menjelaskan bahwa penyebaran virus Corona baru tidak ada hubungannya dengan laboratorium. dan urutan genom dari virus Corona baru tidak cocok dengan laboratorium.

Mengenai pernyataan ini, media Barat telah "prihatin" bahwa kelompok ahli akan dikenakan banyak "pembatasan", tetapi Dasak mengatakan dalam wawancara dengan media asing pada 2 Agustus 2020 bahwa penyelidikannya "sangat lancar." Anggota tim ahli WHO juga menyatakan bahwa asal muasal virus tidak akan bisa disimpulkan dalam waktu singkat, mengimbau masyarakat untuk “bersabar” mengenai hal terkait.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin mengatakan pada konferensi pers pada tanggal 3 bahwa kelompok ahli internasional telah melakukan diskusi dengan pihak Tiongkok, dan pada saat yang sama mengunjungi rumah sakit, pasar, dan CDC, juga semua rencana berjalan dengan lancar. 

Pada 3 Februari 2021, tim ahli juga mengunjungi Institut Virologi Wuhan dan berdiskusi dengan para ahli dari Universitas Pertanian Huazhong. Pertemuan ini merupakan bagian penting dari pertukaran penelusuran dan kerja sama antara kedua pihak. 

Tiongkok akan, menjunjung tinggi sikap terbuka, transparan, dan bertanggung jawab serta terus bekerja sama dengan WHO. (*)

Megawati Putri/Penerjemah

BACA JUGA

Terkait

technology

Akankah Tiongkok Bergantung Pada Pendidikan Online, Setelah ...

  • Nabila Caya
  • 03 Apr 2020

news

Memanfaatkan Anak Di Bawah Umur Untuk Aksi Kriminal, Hukuman...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 Apr 2020

news

Bikin Terharu, Inilah Perayaan Hari Ibu di Tiongkok

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

health

Berikut Ini adalah Tips Bermanfaat dari UNICEF: Makan Mudah,...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 10 May 2020

news

Makin Maju, Tiongkok Punya Ratusan Juta Pengguna Internet di...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 May 2020

health

Akhirnya Sekolah Kembali Aktif, Psikolog Sarankan untuk Perh...

  • Nabila Caya
  • 16 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong