Baca dalam 4 menit

Sambut Jet Tempur F-35B, Jepang Modifikasi Kapal Induk JS Izumo

Waktu Publish : 07 Mar 2020, 18:11 WIB
Sumber : Wajibbaca
SHARE ARTIKEL

Kapal Induk AL Jepang, JS Izumo - Image from Janes


Jakarta, Bolong.id - AL Jepang (Japan Maritime Self-Defense Force) kini siap menyambut kedatangan jet tempur stealth F-35B Lightning II. Kapal induk helikopter Izumo Class dimodifikasi.

Dikutip dari Janes.com (30/6/2020), salah satu dari dua Izumo Class kini dikonversi agar siap jadi markas jet tempur short take-off and vertical landing (STOVL) tersebut.

Japan Marine United (JMU) Corporation, sebagai galangan pembangun kapal induk tersebut, telah memulai pekerjaan reparasi pada JS Izumo di galangan kapal Isogo di Kota Yokohama.

Izumo Class terdiri dari dua unit kapal, yaitu JS Izumo dan JS Kaga.

Menurut sumber Janes.com, tahapan modifikasi akan dilakukan bergantian pada kedua Izumo Class, persisnya modifikasi akan dilakukan bersamaan dengan program perbaikan kapal dalam periode lima tahunan.

Seprrti modifikasi pada JS Izumo dilakukan berdasarkan anggaran fiskal tahun ini, sementara modifikasi pada JS Kaga akan dilangsungkan pada tahun 2025.

Kapal induk Izumo Class dengan bobot 24.000 ton, sedari awal telah dipersiapkan untuk menampung operasional sejumlah F-35B.

Kesiapan Izumo Class nampak dari tersedianya hanggar berukuran besar berikut elevator, dan tentunya dek penerbangan yang luas.

Namun, modifikasi lebih lanjut diperlukan guna memperkuat dek agar dapat mendukung bobot tambahan, penempatan beragam lampu panduan dan menyesuaikan kapal dengan tempat dek yang lebih tahan panas untuk mendukung pendaratan vertikal F-35B.

Meski sejumlah modifikasi telah ditetapkan, tapi sejauh ini belum diketahui, apakah nantinya Izumo Class akan dipasangi ski jump layaknya kapal induk Inggris, Cina dan Rusia.

Pada Agustus 2019, Kementerian Pertahanan Jepang telah resmi mengorder 42 unit F-35B dari Lockheed Martin, dengan harga per satu unit pesawat mencapai US$130 juta.

F-35B dibangun berdasarkan spesifikasi dari Korps Marinir AS. dan dirancang untuk beroperasi dalam kondisi yang berbeda dari F-35A.

F-35B dengan kemampuan STOVL ala Harrier Jump Jet, punya jarak jelajah yang lebih rendah dan memiliki kontur badan yang berbeda dari F-35A.

Hal tersebut juga berpengaruh dalam konfigurasi persenjataan yang dapat dibawanya.

Pihak Lockheed Martin menggambarkan F-35B sebagai jet tempur yang dirancang beroperasi dari pangkalan sederhana, lapangan pendek dan berbagai kapal permukaan di dekat zona tempur garis depan.

Kapal induk Izumo Class saat ini dapat membawa 28 helikopter dalam berbagai jenis, termasuk 7 helikopter AKS (Anti Kapal Selam). Dalam setiap pelayaran, baik JS Izumo dan JS Kaga akan mendapat kawalan dari frigat atau destroyer.

Lepas dari itu, bekal sistem pertahanan pun telah disiapkan, terdiri dari dua pucuk kanon CIWS (Close In Weapon System) Phalanx dan dua konsol rudal hanud SeaRAM CIWS.

Kombinasi yang terlihat simpel, namun ditakar sangat efektif memberi perlindungan maksimal dari serangan udara.

Mengatasi ancaman bahaya dari bawah laut? Sudah tersedia anti-torpedo mobile decoy (MOD) dan floating acoustic jammer (FAJ). (*)

Terkait

news

Dabeinong Beri Tunjangan Rp201 Juta untuk Kelahiran Anak ke-...

  • Djono W. Oesman
  • 12 Jan 2022

news

Upaya Peningkatan Populasi China Terhambat Soal Ini...

  • Djono W. Oesman
  • 10 Jan 2022

news

Revolusi Pendidikan di China, Anak 2 Tahun Bisa Sekolah

  • Djono W. Oesman
  • 07 Jan 2022

news

Banyak Gedung SD Kosong, Kurang TK di Guangxi

  • Djono W. Oesman
  • 05 Jan 2022

lifestyle

Unggah Sketsa Peta Kampung Halamannya di TikTok, Pria Ini Be...

  • Lupita
  • 04 Jan 2022

news

Komnas KIPI Buka Suara Soal 2 Anak Meninggal Usai Vaksin

  • Esy Gracia
  • 03 Jan 2022
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong