Baca dalam 3 menit

Pilot China Airlines dan Tamu Hotel Bandara Taiwan Terpapar Covid-19

Waktu Publish : 04 May 2021, 10:09 WIB
SHARE ARTIKEL

Chen Shih-chung, kepala Pusat Komando Pandemi - Image from CDC Photo

Taipei, Bolong.id - 4 kasus covid-19 dikonfirmasi di Taiwan pada 2 Mei 2021. Semuanya memiliki kontak dengan pilot China Airlines dan Novotel China Airlines Taoyuan Airport Hotel di Taipei. Itu mengakibatkan 24 orang terdiagnosis Covid-19.

Dilansir dari People’s Daily pada Senin (3/5/2021), pada akhir April 2021, sejumlah pilot China Airlines didiagnosis terjangkit covid-19.

Hotel Novotel China Airlines Taoyuan Airport di Taipei tempat tinggal pilot China Airlines di karantina juga ditemukan kasus covid-19.

Pusat Komando Pandemi Taiwan membandingkan hasil pengurutan genetik dari pilot yang terinfeksi dan orang yang dikonfirmasi di restoran, dan menentukan bahwa ada rantai penularan antara pilot dan klaster restoran.

Pusat Komando Pandemi Taiwan mengadakan konferensi pers pada tanggal 2 Mei dan menunjukkan bahwa dari 4 kasus lokal yang baru dikonfirmasi hari itu, 3 adalah anggota keluarga karyawan Novotel China Airlines Taoyuan Airport Hotel di Taipei yang sebelumnya telah dikonfirmasi. 1 orang lainnya adalah putri seorang pilot China Airlines berusia di bawah 50 tahun.

Sejauh ini, kasus cluster pilot China Airlines dan Novotel Taipei China Airlines Taoyuan Airport Hotel telah mengakibatkan 24 orang terdiagnosis, termasuk pilot China Airlines, 4 karyawan hotel, dan 6 kasus infeksi cluster keluarga (10 orang anggota keluarga terdiagnosis).

Hasil investigasi menunjukkan bahwa dalam kejadian infeksi massal ini, beberapa orang yang terinfeksi telah naik kereta api, bus, MRT, dan mengunjungi tempat-tempat umum seperti tempat wisata dan restoran.

Hal ini kemudian membuat masyarakat Taiwan panic dan takut bahwa pandemi akan menyebar ke masyarakat. Beberapa ahli pencegahan pandemi mengatakan kepada media bahwa sekarang perlu untuk meningkatkan tingkat vaksinasi tenaga medis dan menjaga garis pertahanan di rumah sakit.

Sementara itu, karena orang yang terinfeksi aktif di utara, disarankan agar mereka yang dicurigai mengalami gejala di utara harus diskrining, dan masyarakat harus terus waspada.

Pusat komando menunjukkan bahwa gelombang pandemi ini harus diamati hingga pertengahan Mei.

Menurut pusat komando, pada hari proyek inspeksi, alah satu dari 1279 pilot China Airlines, seorang pilot pria Rusia berusia 30-an, ditemukan seropositif pada hari yang sama, terutama saat bertugas ke dan dari Australia. Sejauh ini, 1.225 orang telah diuji antibodi serum, 1212 di antaranya negatif, 12 positif, dan 1 sedang diuji.

Taiwan juga menambahkan kasus covid-19 terkonfirmasi yang masuk dari Indonesia pada tanggal 2 Mei. Menurut statistik dari pusat komando, hingga saat ini, ada total 208.736 pemberitahuan terkait covid-19 di Taiwan, di mana 1.137 telah dikonfirmasi. Dari kasus yang dikonfirmasi, 12 orang meninggal dunia, 1.055 orang dibebaskan dari isolasi, dan 70 orang dirawat di rumah sakit untuk isolasi. (*)


Terkait

Health

Hadiri Pernikahan 300 Tamu, Pilot China di Sichuan Didiagnos...

  • Isna Fauziah
  • 16 Dec 2020

news

Marko Andersen, Pilot Keturunan Tionghoa Andalan TNI AU

  • Lupita
  • 20 Nov 2020

news

Pilot Aerobatik China Sukses Lintasi Lubang Jembatan Taihu, ...

  • Maureen
  • 06 Oct 2020

business

Trafik Kapal Dagang Asing di Sungai Yangtze Naik 20%

  • Isna Fauziah
  • 16 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong