Baca dalam 5 menit

Karya Sastra China versi Online Digemari Warga Dunia

Waktu Publish : 24 Jul 2021, 10:57 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Poster Nirvana in Fire - Image from Viki

Beijing, Bolong.id - Karya sastra Tiongkok sudah beredar online. Novel-novelnya digemari masyarakat internasional.

Dilansir dari China Daily, Jumat (23/7/2021), Penulis Zhou Yan, nama penanya Jiong Jiong You Yao, 32 tahun, adalah salah satu penulis online paling populer dalam genre roman perkotaan. Novel-novelnya meng-internasional.

"Novel saya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, Indonesia, Filipina, dan Spanyol, dan pembaca asing dapat belajar tentang Tiongkok melalui literatur online semacam itu," katanya.

Keberhasilannya datang di tengah boomingnya pasar sastra online Tiongkok di luar negeri.

Menurut Buku Biru sastra online Tiongkok 2020 yang dirilis oleh Asosiasi Penulis Tiongkok, pada tahun 2020 lebih dari 10.000 karya sastra online telah memasuki pasar luar negeri dan menarik lebih dari 100 juta pembaca asing.

Di situs Webnovel, bagian komentar pada novel Jiong Jiong You Yao penuh dengan pengguna yang menginginkan konten baru, menyoroti popularitas novel tersebut.

Pada tahun 2016, ia menulis sebuah novel romantis, yang telah menerima lebih dari 4 juta klik, dan hak kekayaan intelektualnya dilisensikan ke perusahaan budaya Vietnam untuk adaptasi film dan televisi pada tahun 2018.

"Saya biasanya memasukkan konten dengan karakteristik Tiongkok dalam tulisan saya, seperti bordir Suzhou dan kung fu, dan saya menemukan pembaca asing cukup tertarik dengan unsur-unsur Tiongkok ini," katanya. "Saya pikir sastra online Tiongkok populer bukan hanya karena elemen orientalnya yang misterius, tetapi juga karena kemanusiaan dalam cerita yang melampaui batas."

Novel fantasi dan kung fu pernah menjadi kekuatan pendorong di balik keributan di kalangan pembaca asing. Kisah-kisah semacam itu didasarkan pada mitologi Tiongkok dan budaya tradisional, dan mereka memiliki daya tarik yang luas.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak jenis novel online Tiongkok telah menemukan pijakan di pasar luar negeri, karena saluran komunikasi internasional menjadi lebih beragam. Novel roman urban, misalnya, menggambarkan kehidupan penduduk kota Tionghoa, dan semakin populer di Asia Tenggara, termasuk novel Jiong Jiong You Yao.

Dia mengatakan pembaca dulu lebih suka cerita tentang karakter pria yang mendominasi dan protagonis mirip Cinderella, tetapi sekarang temanya telah bergeser untuk menampilkan karakter wanita yang lebih mandiri dan sekilas tantangan sehari-hari yang dihadapi oleh wanita seperti itu.

"Saya pikir itu karena kesadaran diri yang meningkat di antara wanita di Asia, dan saya telah memasukkan perubahan itu ke dalam karya saya," tambahnya.

Literatur online Tiongkok juga telah mendorong banyak pembaca asing untuk mulai menulis. Seorang penulis Filipina berusia 25 tahun, yang menggunakan nama online Kazzenlx, menulis novel roman fantasi Hellbound With You, yang terinspirasi oleh versi bahasa Inggris dari novel Jiong Jiong You Yao.

"Literatur online Tiongkok telah berubah dari sekadar menyebarkan novel menjadi mengekspor sistem kreasi yang mendalam," kata He Hong, wakil direktur pusat literatur online di Tiongkok Writers Association.
Statistik menunjukkan bahwa portal Webnovel telah menarik sekitar 110.000 penulis online luar negeri, yang telah menghasilkan lebih dari 200.000 novel.

Banyak serial TV yang diadaptasi dari novel online Tiongkok juga telah menikmati popularitas di luar negeri, termasuk serial TV hit The Journey of Flower, Nirvana in Fire dan Empresses in the Palace.

"Ini adalah kesempatan besar bagi penulis sekarang karena novel online Tiongkok dapat dinikmati di berbagai negara dan bahkan diadaptasi menjadi film dan serial TV," kata Jiong Jiong You Yao. "Kita harus berusaha untuk menceritakan kisah-kisah Tiongkok yang baik dan membantu orang-orang belajar lebih banyak tentang budaya Tiongkok." (*)

Terkait

news

Novel Online China Ternyata Banyak Difilmkan!

  • Djono W. Oesman
  • 21 Sep 2021

news

Pasar Film Web Fiksi Tiongkok Semakin Populer

  • Lupita
  • 13 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong