Baca dalam 5 menit

Presiden Mesir Al-Sisi Bertemu Menlu China Wang Yi

Waktu Publish : 19 Jul 2021, 12:46 WIB
Sumber : Xinhua News
SHARE ARTIKEL

Presiden Mesir Abdel Fatah Al-Sisi - Image from Antara News

Beijing, Bolong.id- Presiden Mesir, Al-Sisi bertemu Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Mesir.

Al-Sisi meminta Wang Yi menyampaikan salam tulusnya kepada Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sekali lagi dengan hangat mengucapkan selamat ulang tahun ke-100 berdirinya Partai Komunis Tiongkok.

Al-Sisi mengapresiasi kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok bagi rakyat Tiongkok untuk menciptakan keajaiban yang telah menarik perhatian dunia.

Dilansir dari Xinhua News pada Minggu (18/7/2021) Al-Sisi mengatakan bahwa Mesir menganggap Tiongkok sebagai teman sejati dan mitra yang dapat diandalkan, dan akan dengan teguh mengembangkan kerja sama di berbagai bidang antara kedua belah pihak, menjadikan peringatan 65 tahun terbentuknya hubungan diplomatik, sebagai kesempatan untuk memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara Mesir dan Tiongkok.

Mesir dengan teguh mematuhi kebijakan satu Tiongkok, dengan tegas mendukung upaya Tiongkok untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan stabilitas nasional, dan dengan tegas mendukung perang Tiongkok melawan terorisme dan ekstremisme agama.

Mesir mendukung "OBOR" "Inisiatif dan harapan untuk lebih mengembangkan kerja sama dengan Tiongkok di berbagai bidang seperti infrastruktur, kawasan industri, dan teknologi tinggi, dan menjadi pintu gerbang penting bagi perusahaan Tiongkok untuk masuk ke Timur Tengah dan Afrika.

Al-Sisi berterima kasih atas bantuan Tiongkok ke Mesir dan membantu Mesir mencapai produksi vaksin lokal, dan berharap untuk terus untuk memperkuat kerja sama dengan Tiongkok dalam perang melawan pandemi. Mesir bersedia bekerja sama dengan Tiongkok untuk bersama-sama mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional.

Wang Yi menyampaikan salam ramah Presiden Xi Jinping kepada Al-Sisi. Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok dan Mesir adalah teman baik yang saling bergantung. Persahabatan antara kedua negara telah bertahan dalam ujian situasi internasional dan tidak dapat dipatahkan dan kokoh.

Tiongkok sangat menghargai bahwa Mesir selalu berdiri dengan Tiongkok dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti dan keprihatinan utama Tiongkok. Tiongkok juga sangat mendukung Mesir untuk terus menjajaki jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri, secara tegas mendukung Mesir dalam menempuh kebijakan independen, dan dengan tegas mendukung Mesir dalam upaya anti-terorisme, pemeliharaan stabilitas, dan diradikalisasi.

Kami berharap dapat bekerja sama dengan Mesir untuk mencapai tujuan membangun komunitas Tiongkok-Mesir dengan masa depan bersama, dan membangun hubungan antara kedua negara menjadi model percontohan untuk komunitas Tiongkok-Arab dan Tiongkok-Afrika dengan masa depan bersama.

Wang Yi mengatakan bahwa Mesir adalah mitra penting dalam pembangunan bersama "OBOR". Tiongkok bersedia memperkuat hubungan antara inisiatif "OBOR" dan "Visi 2030" Mesir, dan mendukung Mesir dalam mempercepat langkahnya dalam industrialisasi, peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan peningkatan tingkat pembangunan. Memperdalam kerja sama penegakan hukum dan keamanan antara kedua negara, dan menjaga keamanan bersama kedua negara.

Tiongkok akan terus menyediakan vaksin dan bahan anti-epidemi ke Mesir untuk membantu Mesir sepenuhnya mengatasi epidemi.

Tiongkok bersedia memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Mesir dalam urusan internasional, bersama-sama menegakkan dan mempraktikkan multilateralisme, menentang unilateralisme dan intimidasi, dan memastikan bahwa reformasi pemerintahan global berkembang ke arah yang benar.

Yunani dan Mesir terus berperan aktif dalam pembangunan Forum Kerja sama Tiongkok-Arab dan Tiongkok- Forum Kerja sama Afrika.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang isu-isu di Timur Tengah dan Afrika

Selama kunjungannya ke Mesir, Wang Yi juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Shu Kaili, menandatangani kesepakatan pembentukan Komite Kerja sama Antar Pemerintah Tiongkok-Mesir, dan menghadiri upacara “Cloud Witness” vaksin COVID-19 Tiongkok-Mesir. proyek produksi untuk mencapai 1 juta dosis.(Selesai) (*)

Terkait

news

Vaksin COVID-19 Produk China - Mesir Beredar Akhir Juni 2021

  • Lupita
  • 11 May 2021

news

Arsitek China Sulap Gurun di Mesir Jadi Banyak Menara

  • Djono W. Oesman
  • 04 May 2021

culture

Museum Peradaban Mesir di Kairo Dibuka Untuk Umum

  • Visco Joostensz
  • 05 Apr 2021

news

China-Mesir Kerjasama dalam Inkubator Bisnis Teknologi

  • Lupita
  • 06 Mar 2021

news

Xi Jinping: China Dukung Perang Lawan COVID-19 di Mesir dan ...

  • Danang
  • 23 Feb 2021

health

Mesir Terima Gelombang Kedua Vaksin COVID-19 China

  • Aisyah Hidayatullah
  • 19 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong