Baca dalam 3 menit

Whaow... Militer China Latihan Perang Besar di Empat Laut

Waktu Publish : 29 Sep 2020, 12:43 WIB
SHARE ARTIKEL

Kapal induk Tiongkok, Liaoning saat latihan tempur - Image from Reuters


Beijing, Bolong.id - Militer Tiongkok, untuk kedua kalinya dalam dua bulan ini, mengadakan latihan perang besar-besaran di empat laut di perbatasan timurnya. Manuver tersebut dimulai awal pekan ini.

Setidaknya ada lima latihan perang di empat laut, digelar Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yakni dua di Laut China Selatan, satu di Laut China Timur dan dua di Laut Kuning, yang salah satunya di Laut Bohai, jalur perairan terdalam.

Dikutip dari Reuters, Selasa (29/9/2020), banyak latihan akan menampilkan manuver tembakan langsung.

Bulan lalu, PLA mengadakan latihan perang besar-besaran yang serupa, yang menurut Kementerian Pertahanan China tidak menargetkan negara tertentu. Namun, pesawat mata-mata U-2 "Dragon Lady" Amerika Serikat (AS) terbang langsung melalui salah satu latihan perang China di Laut Kuning, meskipun zona larangan terbang ditetapkan oleh Beijing sebagai tindakan pencegahan keamanan. Kementerian Pertahanan China mengecam langkah tersebut sebagai "provokasi murni", dan mencatat insiden tersebut sebagai gangguan yang dapat dengan mudah menyebabkan kesalahpahaman.

Latihan bulan ini, yang akan diperpanjang hingga awal Oktober, dilakukan di tengah peningkatan aktivitas militer AS di Pasifik, terutama di perairan dekat China. Sputniknews telah mendokumentasikan bagaimana beberapa pesawat mata-mata Amerika melakukan penerbangan zigzag melintasi Laut China Selatan dan Laut Kuning setiap hari, yang terkadang menyamar sebagai pesawat sipil dalam upaya untuk menipu penonton. AS juga memimpin latihan peran besar-besaran Angkatan Laut "Rim of the Pacific (Rimpac) di lepas pantai Hawaii dan latihan Valiant Shield di Laut Filipina dekat Guam.

Collin Koh, seorang peneliti dari S Rajaratnam School of International Studies di Nanyang Technological University Singapura, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa latihan China bertujuan untuk mendemonstrasikan tekad dalam mengikuti persiapan pertempuran masa damai di mata publik domestik dan audiens eksternal.

"Tindakan itu terutama ditujukan pada serentetan aktivitas militer AS dan sekutu baru-baru ini di daerah itu,” kata Koh. “Secara operasional, ini untuk menunjukkan kemampuan PLA untuk melakukan mobilisasi besar pasukan untuk pelatihan di beberapa wilayah laut—yang juga menyoroti bahwa PLA tidak terpengaruh oleh pandemi dengan cara apa pun," papar Koh.

Angkatan Laut PLA semakin gencar mengoperasikan kapal induk pertamanya; Liaoning, dan kapal induk baru yang dirancang secara lokal, Shandong, bersama-sama di Laut Kuning.

Sementara itu, kapal induk ketiganya, yang hanya dikenal sebagai Type 002, sedang dibangun di Shanghai, bersama dengan kapal induk lain dan kapal pembawa helikopter Type 075 di berbagai wilayah. (*)

Terkait

news

RSIA di China Akan Layani Pengobatan Tradisional

  • Djono W. Oesman
  • 06 May 2021

news

China Berhasil Selamatkan 700 Anak yang Hilang dan Diculik

  • Lupita
  • 04 May 2021

news

Program Peningkatan Nutrisi China Bermanfaat Bagi Lebih dari...

  • Lupita
  • 03 May 2021

news

Gembiranya Anak SD Taiwan Lihat Panda Beneran

  • Djono W. Oesman
  • 30 Apr 2021

news

China Atur Pekerjaan Sosial Lembaga Kesejahteraan Anak

  • Nurul Diah
  • 29 Apr 2021

lifestyle

Shanghai Kembali Gelar Pertunjukan Drama Anak Internasional

  • Esy Gracia
  • 25 Apr 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong