Whaow... Militer China Latihan Perang Besar di Empat Laut

logo clock 3 Menit logo clock 29-09-2020, 12:44

Kapal induk Tiongkok, Liaoning saat latihan tempur - Image from Reuters


Beijing, Bolong.id - Militer Tiongkok, untuk kedua kalinya dalam dua bulan ini, mengadakan latihan perang besar-besaran di empat laut di perbatasan timurnya. Manuver tersebut dimulai awal pekan ini.

Setidaknya ada lima latihan perang di empat laut, digelar Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yakni dua di Laut China Selatan, satu di Laut China Timur dan dua di Laut Kuning, yang salah satunya di Laut Bohai, jalur perairan terdalam.

Dikutip dari Reuters, Selasa (29/9/2020), banyak latihan akan menampilkan manuver tembakan langsung.

Bulan lalu, PLA mengadakan latihan perang besar-besaran yang serupa, yang menurut Kementerian Pertahanan China tidak menargetkan negara tertentu. Namun, pesawat mata-mata U-2 "Dragon Lady" Amerika Serikat (AS) terbang langsung melalui salah satu latihan perang China di Laut Kuning, meskipun zona larangan terbang ditetapkan oleh Beijing sebagai tindakan pencegahan keamanan. Kementerian Pertahanan China mengecam langkah tersebut sebagai "provokasi murni", dan mencatat insiden tersebut sebagai gangguan yang dapat dengan mudah menyebabkan kesalahpahaman.

Latihan bulan ini, yang akan diperpanjang hingga awal Oktober, dilakukan di tengah peningkatan aktivitas militer AS di Pasifik, terutama di perairan dekat China. Sputniknews telah mendokumentasikan bagaimana beberapa pesawat mata-mata Amerika melakukan penerbangan zigzag melintasi Laut China Selatan dan Laut Kuning setiap hari, yang terkadang menyamar sebagai pesawat sipil dalam upaya untuk menipu penonton. AS juga memimpin latihan peran besar-besaran Angkatan Laut "Rim of the Pacific (Rimpac) di lepas pantai Hawaii dan latihan Valiant Shield di Laut Filipina dekat Guam.

Collin Koh, seorang peneliti dari S Rajaratnam School of International Studies di Nanyang Technological University Singapura, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa latihan China bertujuan untuk mendemonstrasikan tekad dalam mengikuti persiapan pertempuran masa damai di mata publik domestik dan audiens eksternal.

"Tindakan itu terutama ditujukan pada serentetan aktivitas militer AS dan sekutu baru-baru ini di daerah itu,” kata Koh. “Secara operasional, ini untuk menunjukkan kemampuan PLA untuk melakukan mobilisasi besar pasukan untuk pelatihan di beberapa wilayah laut—yang juga menyoroti bahwa PLA tidak terpengaruh oleh pandemi dengan cara apa pun," papar Koh.

Angkatan Laut PLA semakin gencar mengoperasikan kapal induk pertamanya; Liaoning, dan kapal induk baru yang dirancang secara lokal, Shandong, bersama-sama di Laut Kuning.

Sementara itu, kapal induk ketiganya, yang hanya dikenal sebagai Type 002, sedang dibangun di Shanghai, bersama dengan kapal induk lain dan kapal pembawa helikopter Type 075 di berbagai wilayah. (*)

Penulis : Djono W. Oesman
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral