Mau Kuliah Gratis di China? Yuk Lihat 5 Beasiswa Ini

logo clock 4 Menit logo clock 22-11-2020, 19:27

Confucius Institute - Image from LineToday

Jakarta, Bolong.id -Ada pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Selain Jepang dan Korea ternyata Tiongkok juga banyak menarik minta orang Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya disana.

Untuk memperluas dan memperkuat perekonomian Tiongkok, pemerintah Tiongkok memberikan banyak beasiswa berbahasa Mandarin kepada mahasiswa asing mulai dari kursus bahasa Mandarin, S1 sampai dengan S3.

Berikut adalah macam-macam beasiswa yang bisa kalian pilih :

1. Chinese Government Scholarships

Beasiswa ini mencakup sejumlah program yang masing-masingnya ditujukan untuk pelajar internasional yang berbeda. Program beasiswa ini sebagi besar didanai secara penuh dan memiliki tingkat kompetisi yang ketat serta pesyaratan yang tidak mudah. Selain itu, Chinese Government Scholarships ini merupakan jenis beasiswa yang paling luas karena program-programnya tersedia di berbagai institusi yang tersebar di Tiongkok.

Terdapat 9 program yang ditawarkan, antara lain: Bilateral Program, Chinese University Program, Great Wall Program, AUN Program dan WMO Program.

2. Local Government Scholarships

Secara umum, beasiswa ini tidak tersedia sebanyak Chinese Government Scholarships. Biasanya, pemerintah hanya menunjuk beberapa lembaga untuk dapat beasiswa ini. Menurut data terakhir, 15 pemerintah provinsi dan kota telah membentuk total 33 program beasiswa untuk pelajar dan akademisi asing.

Jadi, penting bagi kamu untuk riset terlebih dahulu apakah universitas yang kamu sasar menawarkan beasiswa jenis ini. Menurut data terakhir, 15 pemerintah provinsi dan kota telah membentuk total 33 program beasiswa untuk pelajar dan akademisi asing.

3. Confucius Institute Scholarship

Program beasiswa ini diluncurkan oleh Hanban untuk mendorong pelajar dan akademisi serta pengajar bahasa Mandarin dari berbagai negara untuk belajar bahasa Mandarin di Tiongkok. Program ini juga memiliki cakupan yang cukup luas. Pada tahun 2018, Hanban menawarkan beasiswa ini ke 149 institusi.

Namun, beasiswa jenis ini hanya terbuka bagi pelamar yang akan mempelajari bahasa dan budaya Tiongkok, mengajar bahasa Mandarin kepada penutur bahasa lain atau hal lainnya yang berhubungan dengan bahasa Mandarin.

4. Chinese Universities Scholarships

Beasiswa jenis ini memiliki berbagai nama, biasanya tergantung dari nama universitas. Misalnya, beasiswa dari Beijing University akan diberi nama Beijing University Scholarship. Jadi beasiswa ini berbeda ya dengan Chinese Government Scholarships. Banyak universitas terkemuka di Tiongkok yang telah menawarkan program beasiswa sendiri untuk menarik pelajar internasional yang unggul untuk melanjutkan studi di universitas mereka.

5. Enterprise Scholarships

Selain pemerintah dan lembaga pendidikan, beberapa perusahaan juga telah menawarkan beasiswa untuk mendukung pelajar asing di institusi tertentu untuk mendorong pertukaran internasional dan inovasi teknologi. Beasiswa jenis ini memiliki program yang paling sedikit dibandingkan jenis-jenis beasiswa sebelumnya.

Jadi pilih beasiswa yang mana teman-teman? Jangan lupa untuk riset lebih dalam dan mempersiapkan berkas-berkas jika ingin mendaftar beasiswa ya. (*)



Penulis : Lupita
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Xi Jinping, Presiden Tiongkok, Minta Para Pekerja Ikut Berperan Dalam Modernisasi Tiongkok

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Brasil Punya Cukup Data Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Dari Uji Klinis

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Hapus Semua Daerah yang Tersisa dari Daftar Kemiskinan

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

China Lakukan Pemutihan Hutang Untuk Negara Miskin

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pasar Makanan Laut Jingshen di Beijing Sedang Tidak Menerima Konsumen

 

logo clock 24-11-2020, 16:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral