Baca dalam 4 menit

Apakah Bayam Campur Tahu Berbahaya? Simak Ulasan Ini...

Waktu Publish : 13 Sep 2021, 10:18 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Bayam dan Tahu - Image from internet

Jakarta, Bolong.id - Konon, makan bayam tidak boleh dicampur tahu. Karena bayam mengandung asam oksalat, akan bergabung dengan kalsium pada tahu. Membentuk endapan, menyebabkan penyakit kista.

Dilansir dari Sohu Health pada Senin (13/9/2021) anggapan itu mengabaikan aspek bahwa bayam juga mengurangi ekskresi kalsium. Termasuk kandungan kalium dan magnesium, serta vitamin K pada bayam.

Kalsium berkaitan erat dengan keseimbangan asam-basa. Ketika makanan berprotein dikonsumsi berlebihan, keseimbangan asam basa menjadi tidak seimbang, dan ekskresi kalsium tubuh akan meningkat. S

aat ini, jika Anda bisa makan lebih banyak sayuran berdaun hijau, seperti bayam, Anda akan mendapatkan kalsium dan magnesium untuk membantu menjaga keseimbangan asam basa dan mengurangi jumlah ekskresi kalsium, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

100 gram bayam mengandung 311 miligram potasium dan 58 miligram magnesium. Ini adalah salah satu sayuran teratas. Ini adalah 2,7 kali kandungan kalium apel Fuji dan 11,6 kali kandungan magnesium.

Dengan kandungan potasium dan magnesium yang melimpah pada bayam, kalsium pada tahu bisa lebih baik disimpan di dalam tubuh.

Artinya, makan bayam dan tahu justru baik.

Vitamin K dalam bayam memiliki efek yang kuat dalam mempromosikan pembentukan kalsium tulang. Vitamin K menjadi salah satu fokus penelitian nutrisi dalam beberapa tahun terakhir, dan merupakan bahan penting untuk pembentukan "osteocalcin".

Vitamin K banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau dan minyak nabati, dan bayam merupakan salah satu sayuran dengan kandungan tertinggi, kedua setelah kangkung, dengan kandungan 415 mikrogram/100 gram.

Data survei menunjukkan bahwa asupan vitamin K harian oleh wanita paruh baya dan lanjut usia lebih dari 109 mikrogram, dan risiko patah tulang dapat dikurangi hingga 30%.

Studi juga membuktikan bahwa suplementasi 200 mikrogram vitamin K per hari memiliki efek menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Dengan kata lain, Anda hanya perlu makan kurang dari 100 gram bayam sehari untuk mencapai efek ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda menambahkan vitamin K saat mengkonsumsi kalsium, kalsium yang tersimpan dalam tulang anda akan menjadi lebih optimal.

Tahu, yang kaya akan kalsium dan protein, dan bayam, yang kaya akan potasium, magnesium, dan vitamin K, sangat cocok untuk kalsium dan tulang.

Apa yang harus dilakukan dengan asam oksalat dalam bayam?

Karena asam oksalat mudah larut dalam air, lebih dari 80% asam oksalat dapat dihilangkan dengan merebus bayam dalam air mendidih selama 1 menit. Tumis tahu terlebih dahulu, lalu tambahkan bayam yang sudah direbus, dan makan bersama.

Untungnya, vitamin K tahan dengan suhu tinggi dan tidak larut dalam air, jadi blanching bayam tidak akan menyebabkan kehilangan vitamin K.

Namun, vitamin K, seperti karoten, membutuhkan bantuan lemak untuk penyerapan, jadi ketika membuat sup tahu bayam, Anda harus ingat untuk memasukkan sedikit minyak. (*)

Terkait

news

WeDoctor Siap Go Public ke Bursa Efek Hong Kong

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Diplomasi, Kekuatan Hubungan China-ASEAN 30 Tahun Terakhir

  • Djono W. Oesman
  • 02 Dec 2021

business

China Gencarkan Pengembangan Kualitas Perdagangan Luar Neger...

  • Esy Gracia
  • 29 Nov 2021

news

Gugatan Pembatalan UU Cipta Kerja dari Buruh Ditolak MK

  • Esy Gracia
  • 27 Nov 2021

news

Jokowi: Kuatnya Hubungan ASEAN dan China Berawal dari Kerja ...

  • Lupita
  • 23 Nov 2021

news

Inilah Pidato Xi Jinping di KTT 30 Tahun China-ASEAN

  • Djono W. Oesman
  • 23 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong