Baca dalam 2 menit

Ubur-ubur Langka Ditemukan di Chengdu

Waktu Publish : 09 Sep 2021, 09:02 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Ubur-ubur bunga persik - Image from China News

Chengdu, Bolong.id - Ubur-ubur air tawar yang langka, seukuran koin uang logam, ditemukan di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya.

Ubur-ubur langka, yang diidentifikasi oleh para ahli sebagai Craspedacusta sichuanensis itu, ditemukan sekelompok anak-anak ketika mereka sedang bermain di sebuah taman di Chengdu.

Dilansir dari China News pada Kamis (09/09/2021), Craspedacusta, diyakini telah ada selama lebih dari 550 juta tahun dan lebih tua dari dinosaurus, adalah satu-satunya ubur-ubur air tawar di bumi dan dipuji sebagai "fosil hidup" dalam penelitian evolusi biologis, menurut Zhao Li, kurator Museum Serangga Tiongkok Barat.

Ada 11 spesies Craspedacusta yang tercatat di dunia, sembilan di antaranya ditemukan di Tiongkok. Craspedacusta sichuanensis adalah spesies yang terancam punah, dan terutama ditemukan di daerah dekat Dujiangyan dan Gunung Qingcheng, menurut Zhao.

"Ini adalah pertama kalinya Craspedacusta sichuanensis ditemukan di daerah perkotaan Chengdu," kata Zhao.

Tidak seperti ubur-ubur di laut, Craspedacusta jauh lebih tidak beracun dan tidak dianggap berbahaya bagi manusia. Mereka sangat jernih, dan anggun seperti bunga persik, Zhao menjelaskan.

Para peneliti telah menemukan bahwa ubur-ubur air tawar sangat sensitif terhadap lingkungan dan hanya ada di perairan bersih. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong