Baca dalam 4 menit

China Aktif Kerjasama Hak Kekayaan Intelektual Internasional

Waktu Publish : 03 Nov 2021, 10:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Seorang pengunjung berjalan melewati tanda perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI) selama pameran dagang di Beijing. [Foto/IC] - Image from img2.chinadaily.com.cn

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok terus meningkatkan kerjasama Hak Kekayaan Intelektual internasional selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-25), kata otoritas HKI Tiongkok di konferensi pers Senin (1/11/2021).

Dilansir dari 人民日报海外版 pada Rabu (03/11/2021) Otoritas HKI Tiongkok telah menyusun langkah besar yang ditargetkan untuk membuat terobosan dalam kerjasama global HKI, kata Gan Shaoning, Wakil Kepala Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional pada konferensi pers.

Tiongkok akan berpartisipasi aktif dalam tata kelola global HKI, berperan dalam meningkatkan aturan internasional tentang HKI, dan secara aktif mempromosikan negosiasi kekayaan intelektual multilateral dan bilateral terkait ekonomi dan perdagangan.

Tiongkok akan memperkuat kerja sama dan konsultasi dengan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), serta mempromosikan perbaikan aturan dan standar internasional HKI terkait dengan perdagangan dan investasi internasional, kata Gan.

Negara ini juga akan mempelajari dan berpartisipasi dalam perumusan aturan dan standar internasional HKI di bidang baru dan bentuk bisnis baru.

Selanjutnya,Tiongkok akan meningkatkan kerja sama internasionalnya di bidang HKI, memperkuat mekanisme kerja sama internasional HKI, dan mengoptimalkan lingkungan kerja sama internasional HKI.

Tiongkok akan mengkonsolidasikan kerja sama HKI dengan negara-negara di sepanjang Belt and Road, meningkatkan kerja sama HKI dengan organisasi global dan regional serta negara dan kawasan utama, dan mendukung peningkatan kapasitas HKI di negara-negara berkembang.

Dan yang terakhir Tiongkok akan memperkuat kerja sama internasional dalam perlindungan HKI, memfasilitasi perolehan HKI di luar negeri, dan memperkuat bantuan dalam sengketa HKI.

Tiongkok berencana akan memperkuat kerja sama internasional dalam tinjauan HKI, mendukung penggunaan yang lebih baik dari sistem layanan global WIPO, dan membangun mekanisme peringatan dini dan tanggap darurat risiko HKI internasional.

Selama empat dekade terakhir, China telah mempertahankan kerja sama yang erat dengan WIPO. Gan Shaoning juga mengatakan "Negara ini secara aktif berpartisipasi dalam tata kelola HKI global dan pembuatan aturan internasional di bawah kerangka WIPO dan bergabung dengan hampir semua konvensi kekayaan intelektual internasional utama."

"Selanjutnya, China akan dengan teguh berpegang pada jalur multilateralisme, lebih memperkuat kerja sama dengan WIPO, mempromosikan pengembangan penyebab kekayaan intelektual global, dan membentuk komunitas dengan masa depan bersama untuk kemanusiaan." tambahnya.

China baru-baru ini merilis rencana 15 tahun (2021-2035) tentang pengembangan HKI pada bulan September. Ini menuntut perlindungan HKI yang lebih ketat, tingkat kepuasan publik yang tinggi, dan nilai pasar HKI yang lebih besar pada tahun 2025. Pada tahun 2035, daya saing HKI China akan menempati peringkat teratas secara global, kata rencana tersebut.(*)

Terkait

business

China Duduki Peringkat ke-12 Dalam Daftar Indeks Inovasi Glo...

  • Lupita
  • 28 Sep 2021

news

Sebanyak 21.000 Kasus HAKI Ditindak Kepolisian Tiongkok di 2...

  • Esy Gracia
  • 12 Mar 2021

news

Jumlah Kasus HAKI yang Terselesaikan di Tiongkok Meningkat

  • Esy Gracia
  • 10 Mar 2021

news

China Tambah 20 Kantor Pusat Hak Kekayaan Intelektual

  • Lupita
  • 19 Feb 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong