Baca dalam 3 menit

City Of The Week: Sejarah Kota Sanya

Waktu Publish : 19 Nov 2021, 10:01 WIB
Sumber : 百度
SHARE ARTIKEL

City Of The Week: Sejarah Kota Sanya- Image from 百度

Sanya, Bolong.id - Kota Sanya (三亚) di pulau Hainan, Tiongkok, terkenal dengan keindahan alamnya. Berikut sejarah Kota Sanya.

Dilansir dari 百度 pada (16/11/2021) dinamakan kota "Sanya" karena di kota tersebut terdapat sungai yang bernama Sanya (nama kuno Air Linchuan). Sungai ini terbagi menjadi dua sungai, yaitu Sanya timur dan barat, membentuk seperti huruf "Y".

Selain itu, Sanya juga merupakan catatan "Desa Sanya" dan " Sanyali " di " Zhengde Qiongtai Zhi " pada masa Dinasti Ming.

Menurut arkeologi, aktivitas manusia dimulai di Pulau Hainan sejak 10.000 tahun yang lalu. Periode Qin milik suku Sanya Baiyue dari Luo Yue. Yazhou adalah salah satu dari tiga prefektur selatan yang didirikan selama periode Qin Shihuang.

Pada April 1950, Kabupaten Ya dibebaskan dan Pemerintahan Rakyat Kabupaten didirikan.

Oktober 1954, Komite Partai bagian Yaxian, Pemerintah Kabupaten dan badan-badan yang berafiliasi langsung pindah dari Yacheng ke Sanya.

Tahun 1958, wilayah tersebut digabungkan dengan wilayah Baoting, Lingshui dan Wanning, Xinglong, Niulou menjadi wilayah administratif Ya, dipisahkan pada tahun 1959 dan 1961 untuk mendirikan wilayah administratif Baoting dan Lingshui.

Pada Mei 1961, Kota Sanya diubah.

Pada November 1962, Kota Sanya dan Komune Sanya bergabung.

Pada bulan Juni 1964, pembentukan Kota Sanya dipulihkan.

Pada 19 Mei 1984, Yaxian dicabut untuk mendirikan Kota Sanya (tingkat wilayah administratif) dengan persetujuan Dewan Negara. Pada bulan November, Kota Sanya dihapuskan dan persiapan dilakukan untuk pendirian Kantor Hedong dan Hexi.

Pada tanggal 26 September 1987, Dewan Negara menyetujui Sanya untuk ditingkatkan menjadi kota setingkat prefektur. Pada tanggal 30 Desember, kota tingkat prefektur Sanya secara resmi didirikan dan terdaftar.
Pada Mei 1988, kawasan pengelolaan Hedong dan Hexi didirikan.

Pada 11 Februari 2014, Dewan Negara menyetujui pembentukan empat distrik baru di enam kota di Kota Sanya, yaitu Distrik Jiyang , Distrik Tianya , Distrik Haitang , dan Distrik Yazhou .

Pada 2 Januari 2015, Distrik Tianya, Distrik Haitang, Distrik Jiyang, dan Distrik Yazhou, empat distrik yang baru didirikan di Kota Sanya dengan "pemindahan kota dan distrik" secara resmi didirikan. Sehingga, pada 1 Juni Kota Sanya dapat menjalankan kekuasaan legislatif lokal dan merumuskan peraturan local secara sendiri. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong