Beberapa Merek Mobil China Akan Masuk Indonesia

25 January 2023, 14:22 WIB

Beberapa Merek Mobil China Akan Masuk Indonesia-Image-1
Mobil Wuling - Kompas.com

Jakarta, Bolong.id - Beberapa merek mobil Tiongkok akan masuk Indonesia, mendapingi Wuling.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, menanggapi bahwa persaingan merek semakin bagus.

Dian Asmahani kepada pers di Gedung Tempo, Selasa, 24 Januari 2023 mengatakan:

“Mau merek dari negara apapun ketika masuk ke Indonesia mau memperbesar market industri otomotif itu sebenarnya bagus. Kenapa? Karena pilihannya buat konsumen itu jadi lebih banyak,” 

Sedangkan bagi industri yang sudah ada di Indonesia, kata Dian, itu terdorong untuk terus berinovasi lebih baik lagi. Selain itu, kompetisi di pasar otomotif bisa menjadi lebih meningkat jika banyak merek yang masuk ke Indonesia.

“Konsumen lebih banyak pilihan, dan akan lebih bagus lagi kalau market-nya juga semakin gede,” tutur Dian.

Sebelumnya pada November 2022 lalu, dua mobil baru Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro resmi mengaspal di Indonesia. Bahkan merek asal Tiongkok itu dilaporkan bakal menginvestasikan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun untuk membangun pabrik mobil setir kanan di Indonesia.

“Sebagai bentuk komitmen kami, Chery akan menginvestasikan 1 miliar dollar untuk membangun pabrik pusat produksi mobil setir kanan di Indonesia,” kata President Director PT Chery Motor Indonesia, Shawn Xu pada acara peluncuran Tiggo Pro Series di Ballroom, Hotel Pullman, Jakarta Barat, pada Rabu, 23 November 2022.

Lebih lanjut Shawn mengatakan Indonesia nantinya akan menjadi pusat produksi mobil setir kanan. Produksi ini nantinya akan diekspor ke seluruh negara setir kanan. Sedangkan Tiongkok, nantinya akan menjadi pusat produksi mobil setir kiri dan akan diekspor ke seluruh negara setir kiri.

Rencananya, mobil yang diproduksi di Indonesia akan diekspor ke sejumlah negara Asia. Beberapa dia antaranya adalah Malaysia, Australia, Singapura, Brunei Darussalam dan beberapa negara dengan sistem setir kanan.

Dalam membangun brand image, Chery akan menyasar segmen pasar premium di Indonesia. Tahun ini, produsen otomotif Tiongkok tersebut menargetkan penjualan mobil Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro sebanyak 500 unit hingga Desember 2022.

Sementara itu, penjualan mobil Chery hingga 2024 ditargetkan mencapai 1.000 unit per bulan dan menambah jaringan dealer hingga 70 dealer. “Kami optimistis Tiggo Pro Series akan menjadi produk yang tepat bagi Chery untuk memasuki Indonesia,” tutup Shawn Xu.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<