Baca dalam 4 menit

CEO Perusahaan Bakal Diganti Robot

Waktu Publish : 20 Jul 2021, 09:45 WIB
Sumber : Cyber Daily
SHARE ARTIKEL

Apakah CEO Robot akan terwujud? - Image from Getty Images/iStockphoto

Beijing, Bolong.id - Chief Executive Officer (CEO) perusahaan bakal digantikan robot. Beberapa waktu lalu CEO Alibaba, Jack Ma mengatakan, beberapa dekade lagi CEO Alibaba adalah robot.

CEO SoftBank, Masayoshi Son pada konferensi seluler 2017 mengatakan bahwa, machine learning akan mengambil alih dengan sangat cepat pada tahun 2047.

Laporan Nesta 2018 memprediksi pada 2030, robot dan kecerdasan buatan akan menyebabkan 40% hingga 60% pengangguran. Ini karena perusahaan beralih ke robot di berbagai bidang dan departemennya.

Dilansir dari Cyber Daily pada Senin (19/7/2021), CEO robot dapat bekerja lebih lama tanpa gangguan, dan sangat akurat dalam hal output. Namun, CEO manusia berbeda, mereka perlu istirahat, mungkin juga memiliki komunikasi yang buruk, dan salah dalam pengambilan keputusan.

Manusia adalah makhluk yang emosional, tidak seperti robot. Robot dapat mengubah efisiensi kerja dan lingkungan, dan dalam hal ini, CEO robot dapat memainkan peran besar.

Namun, CEO robot tidak memiliki kecerdasan emosional dan sulit untuk berurusan dengan manusia. Faktor mengkhawatirkan lainnya adalah kemungkinan besarmunculnya gangguan atau peretasan, karena dibangun dan dirancang oleh komputer. Hal ini akan menyebabkan lebih banyak insiden yang mempengaruhi perusahaan dalam segala hal.

Perbedaan antara CEO robot dan CEO manusia

CEO manusia mungkin juga memiliki banyak kekurangan, seperti korupsi atau kerentanan. Pada saat yang sama, CEO memiliki kebebasan dan pilihan untuk membuat keputusan sendiri dan menantang kesulitan mereka.

Tetapi CEO robot berbeda, penyerang cyber dapat mencuci otak mereka dengan mengklik tombol, yang berarti bahwa seluruh data dan pemrograman perusahaan akan hilang. CEO robot tidak dapat memutuskan sendiri dengan cara apa pun, harus dioperasikan atau diprogram oleh manusia lagi.

Peneliti Kaspersky Lab percaya bahwa CEO robot mungkin menarik, tetapi karena mereka memiliki banyak kekhawatiran, peretas dapat menghancurkan perusahaan hanya dengan satu kali klik.

Penyerang internet sebagian besar berorientasi pada uang, dan jika dapat dengan mudah mengakses robot, mereka akan mengambil keuntungan dari situasi ini dan memanfaatkan semua peluang untuk menghancurkan perusahaan.

Misalnya, ketika Kaspersky Lab menemukan Formula APT pada tahun 2015, terjadi serangan tingkat firmware, yang merupakan ancaman besar yang sulit dideteksi. Ancaman ini dapat menyerang robot yang dapat mengeksekusi keputusan penting dan memengaruhinya. Ini mungkin tantangan terbesar yang dihadapi robot.

CEO robot memiliki kekurangan dan kelebihan yang mendukung nilainya, tetapi saat ini, CEO manusia selalu bermanfaat bagi perusahaan, dan CEO robot dapat membantu CEO manusia untuk bersama-sama mengangkat perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi. (*)

Terkait

technology

Lei Jun Berhenti Menjabat Sebagai Ketua Xiaomi Credit Manage...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

10 CEO Teratas di China Versi Forbes China

  • Lupita
  • 12 Oct 2021

lifestyle

5 Drama China Tema Fantasi yang Gak Kalah Seru, Wajib Ditont...

  • Lupita
  • 05 Sep 2021

lifestyle

Drama China Romantis Terbaik Tahun 2021, Udah Nonton?

  • Lupita
  • 03 Sep 2021

news

Bos Tik Tok Resign, Hartanya Rp526 Triliun

  • Lupita
  • 29 May 2021

technology

Microsoft Janji Windows akan Menghadirkan Pembaruan Besar

  • Visco Joostensz
  • 27 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong