Lama Baca2 Menit

Film Fiksi Ilmiah China Pimpin Box Office di Libur Imlek

26 January 2023, 11:33 WIB

Film Fiksi Ilmiah China Pimpin Box Office di Libur Imlek-Image-1
Seorang pengunjung membeli tiket film di bioskop sebuah pusat perbelanjaan di Beijing, ibu kota China, pada 25 Desember 2022. (Xinhua/Ren Chao)

Beijing, Bolong.id - Hingga Minggu (22/1/2023) penjualan tiket box office untuk liburan Tahun Baru Imlek di Tiongkok mencapai 901 juta yuan (sekitar Rp1,9 triliun), menurut periset film Beacon.

Dilansir dari Xinhua Minggu (22/1/2023), liburan selama seminggu ini, yang biasanya merupakan periode menonton bioskop yang menguntungkan di Tiongkok, adalah yang pertama sejak negara itu menurunkan langkah-langkah manajemen COVID-19. 

Pasar film yang dulu lesu diperkirakan akan pulih dengan kuat, dengan serangkaian film terlaris yang sangat dinantikan ditawarkan.

"The Wandering Earth II" memuncaki pratinjau dan grafik penjualan lanjutan, mencakup tujuh judul domestik, dirilis pada 22 Januari 2023. 

Prekuel epik fiksi ilmiah terlaris sepanjang masa di Tiongkok "The Wandering Earth" meraup 257 juta yuan (sekitar Rp565 miliar), terhitung sekitar 28 persen dari total pemesanan.

Komedi ketegangan ikonik sutradara Zhang Yimou "Full River Red", yang dibintangi oleh komedian Tiongkok terkenal Shen Teng, berada di posisi kedua dengan 244 juta yuan (sekitar Rp537 miliar).

Itu diikuti oleh drama sejarah "Hidden Blade," yang berlatarkan Shanghai yang bergolak selama perang perlawanan melawan Agresi Jepang (1931-1945). 

Penjualan awal liburan film ini, yang dibintangi oleh Tony Leung Chiu-Wai, melebihi 147 juta yuan (sekitar Rp323 miliar).

Film lain dalam daftar adalah "Boonie Bears: Guardian Code", film terbaru dari franchise komedi animasi domestik ini "Five Hundred Miles"; sebuah komedi yang dibintangi oleh Zhang Xiaofei “Deep Sea”; sebuah fantasi animasi oleh Tian Xiaopeng; juru mudi "Monkey King: Hero is Back"; dan "Ping-pong of China"; sebuah drama olahraga yang disutradarai oleh Deng Chao. (*)

<<