Lama Baca9 Menit

Imlek Dirayakan di Berbagai Negara

24 January 2023, 13:46 WIB

Imlek Dirayakan di Berbagai Negara-Image-1
Pada tanggal 16 Januari, Kedutaan Besar Tiongkok di Hongaria, Kementerian Pembangunan Ekonomi Hongaria, Pusat Kebudayaan Tiongkok Budapest dan Kantor Pos Hongaria bersama-sama menerbitkan perangko untuk Tahun Imlek Kelinci di Museum Perangko Hongaria.

Beijing, Bolong.id -  Imlek dirayakan warga dunia. Dilansir dari 人民网 Senin (23/1/2023), berikut beberapa perayaan Imlek di berbagai negara:

1. London, Inggris

Pada malam hari tanggal 21 Januari waktu setempat, Trafalgar Square di pusat kota London, Inggris dinyalakan dengan "Chinese Red" untuk merayakan datangnya Tahun Baru Imlek.

Di bawah lampu merah, tulisan "Selamat Tahun Baru 2023" muncul di badan Kolom Peringatan Nelson di alun-alun, menciptakan suasana meriah.

Bentuk Kelinci Giok yang seperti aslinya di alun-alun menarik orang yang lewat untuk berhenti dan menonton serta berfoto.

Serangkaian kegiatan "Selamat Tahun Baru Imlek" tahun ini di Inggris berpusat di London, termasuk 8 kota seperti Birmingham dan Bristol.

Hampir 20 departemen pemerintah, kelompok persahabatan, dan lembaga budaya dan seni menyelenggarakan lebih dari 100 kegiatan kaya konten seperti konser, pameran, tarian naga dan barongsai, festival makanan, dll., yang berlangsung selama sebulan.

2. Moskow, Rusia

Upacara pembukaan "Pameran Kuil Budaya Tiongkok Selamat Tahun Baru Imlek 2023" diadakan di Moskow pada malam tanggal 20 Januari. Lebih dari 500 perwakilan dari semua lapisan masyarakat di Rusia, termasuk sastra, seni, pendidikan, sains, dan teknologi , ekonomi, dan media hadir.

Pemandangan itu dihiasi dengan lampu dan hiasan, dipenuhi dengan suasana gembira dan meriah. Pertunjukan tarian naga dan seni bela diri dipentaskan oleh pemuda Rusia.

Lentera digantung tinggi di depan Temple Fair Street, dan singa penari memegang hydrangea di mulutnya, membuat orang-orang merasakan suasana meriah di sepanjang jalan.

Di taman hiburan, kegiatan seperti melempar pot dan cincin menarik banyak wisatawan; di stan budaya dan kreatif serta area pameran makanan, karya pematung "Kelinci Giok" cerdas dan imut, dan master ramen menunjukkan keahlian mereka di tempat , menarik penonton yang ingin mencoba.

Dalam berbagai budaya, teman Tiongkok dan Rusia bertukar berkah, merasakan cita rasa Tahun Baru Imlek yang kental.

3. Bangkok, Thailand

Pada tanggal 16 Januari, Jalan Yaowarat di Chinatown, Bangkok, Thailand dihiasi dengan lampu dan hiasan, dan sangat meriah di bawah dekorasi lampu warna-warni di Ruitu Promenade.

Upacara pembukaan Festival Lampion Festival Musim Semi "Light Up Yaowarat" diadakan di sini malam itu, secara resmi membuka rangkaian kegiatan "Selamat Tahun Baru Imlek" Thailand 2023.

Pada upacara pembukaan, pertunjukan barongsai tradisional membuat suasana meriah meriah dan hangat, dua patung Kelinci putih yang dipersembahkan oleh pihak Tiongkok dan lampion merah yang dipersembahkan oleh Putri Sirindhorn melambangkan Tahun Keberuntungan Kelinci dan keluarga Tiongkok dan Thailand.

Selain Bangkok, dari pertengahan hingga akhir Januari hingga awal Februari, tempat-tempat seperti Suphan, Nakhon Sawan, dan Ratchaburi di Thailand tengah, dan Phuket di Thailand selatan juga akan mengadakan sejumlah perayaan “Selamat Tahun Baru Imlek”.

4. Recife, Brasil

Pada malam hari tanggal 19 Januari, Kota Recife, sebuah kota di timur laut Brasil, mengadakan kegiatan merayakan Tahun Baru Imlek, merayakan Tahun Kelinci melalui nyanyian, tarian barongsai, dan pertunjukan cahaya.

Di Zero Point Square yang menjadi landmark setempat, warga berbaris untuk mencoba membuat lampion kelinci. Begitu musik Tongkok yang ceria terdengar, orang-orang Brasil tidak dapat menahan diri untuk tidak menyanyi dan menari.

Di malam hari, dinding luar bangunan tua setempat menjadi tirai pertunjukan cahaya, dan berbagai elemen Tahun Baru Imlek seperti karakter pemberkatan, lampion merah, kelinci giok ditampilkan secara bergantian, sangat menarik penonton.

5. Johannesburg, Afrika Selatan

Pada tanggal 15 Januari, perayaan Festival Musim Semi "Musim Semi Hangat" 2023 diadakan di Johannesburg, Afrika Selatan.

Perayaan dimulai dengan antusias dengan pertunjukan barongsai, dan suara ceria gong dan genderang serta tarian "Selamat siang" yang dibawakan oleh rombongan seni lokal dengan cepat menyulut suasana meriah di tempat tersebut.

Rombongan Seni Marimba Afrika Selatan membawakan tarian lokal yang penuh semangat, berputar, melempar dan melompat, dan gerak tubuh para penari menunjukkan pesona budaya tradisional Afrika Selatan.

Pada penampilan selanjutnya, lagu dan tarian seperti "Swan Goose", "Blessing" dan "Great China" muncul secara bergantian.

Orang Tiongkok perantauan yang berpartisipasi dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa mereka sangat merasakan kepedulian dan perhatian ibu pertiwi, dan berharap ibu pertiwi hidup damai dan sejahtera.

6. Dubai, Uni Emirat Arab

Pada tanggal 14 Januari, bendera warna-warni berkibar dan kerumunan orang melonjak di Dubai World Expo City, Uni Emirat Arab. Berbagai dekorasi seperti lentera merah, simpul Tiongkok, tali petasan, dll menghiasi pemandangan meriah. Parade "Selamat Tahun Baru Imlek" 2023 adalah diadakan di sini.

Pawai dipimpin oleh tim pertunjukan tarian naga dan barongsai, diikuti oleh lebih dari 60 phalanx, dan lebih dari 20 kendaraan hias berwarna-warni Pertunjukan seperti Tai Chi, pertunjukan cheongsam, dan pergantian wajah menarik sorakan. Sebanyak lebih dari 4.000 orang berpartisipasi dalam acara ini, dan puluhan ribu orang datang untuk menonton.

7. Brussel, Belgia

Pada tanggal 20 Januari, "Kelinci Giok Menyambut Musim Semi - Pameran Karya Luar Biasa Kompetisi Desain Zodiak Belgia 2023" dibuka di Pusat Kebudayaan Tiongkok di Brussel. Pameran ini mengambil tema zodiak "kelinci", dan memamerkan 36 karya luar biasa dari kompetisi tersebut, termasuk yang diberikan oleh juri profesional dan juri publik.

Jean-François Peters, wakil ketua Asosiasi Budaya Desain Internasional Tiongkok-Eropa, mengatakan bahwa dia sangat menyukai budaya Tiongkok, dan dia juga sangat menyukai "kelinci" zodiak tahun ini.

Dia berharap kelinci lucu itu dapat menarik lebih banyak orang untuk memahami dan menghargai Berpartisipasi dalam promosi budaya zodiak.

Para tamu berhenti lama di depan karya pemenang penghargaan "Space Rabbit", dan menyesali pencapaian luar biasa dari proyek eksplorasi bulan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

8. Hungaria

Stempel zodiak Kelinci Tahun Baru Imlek resmi dikeluarkan di Hungaria beberapa hari yang lalu. Ini adalah stempel Zodiak Bulan Tiongkok kesepuluh yang dikeluarkan oleh Kantor Pos Hungaria.

Stempel tersebut memiliki latar belakang merah dan putih, dengan dua pasang kelinci porselen biru dan putih yang dilukis di atasnya, dan tema "Tahun Kelinci" ditandai dengan baik Tiongkok dan Hongaria.

Menteri Pembangunan Ekonomi Hungaria Nagy Marton mengatakan pada upacara penerbitan bahwa Tiongkok adalah sumber investasi asing terbesar di Hungaria. Pertukaran dan kerja sama telah membuahkan hasil yang bermanfaat.

9. Yunani

Pada malam tanggal 15 Januari, Teater Kota Piraeus, Yunani, yang memiliki sejarah lebih dari 150 tahun, dihiasi dengan lentera merah dan simpul Tiongkok, dan sangat makmur. Lebih dari 500 penonton berkumpul untuk berpartisipasi dalam Gala Festival Musim Semi "Musim Semi Hangat" 2023 untuk Tionghoa perantauan di Yunani.

Seluruh program acara ditulis dan disutradarai oleh warga Tiongkok perantauan di Yunani, dan seniman Yunani diundang untuk tampil di panggung yang sama. Di gala tersebut, "Bunga Melati" dan beberapa lagu Yunani terkenal yang dibawakan bersama oleh seniman Tiongkok dan Yunani mendekatkan penonton Tiongkok dan Yunani.

Pertunjukan seni bela diri, barongsai, dan genderang pinggang yang dibawakan oleh seni bela diri Yunani dan Federasi Kung Fu serta Sekolah Tiongkok perantauan di Yunani sangat dinamis dan menyulut suasana pesta yang meriah.

Di akhir pesta, orang Tiongkok perantauan di dalam dan di luar panggung menyanyikan "Tanah Airku dan Aku" secara serempak, mengungkapkan cinta yang tulus dan harapan terbaik dari Tiongkok perantauan untuk tanah air. (*)

<<