Lama Baca4 Menit

Pakaian yang Cocok Saat Tahun Baru Imlek

24 January 2023, 11:04 WIB

Pakaian yang Cocok Saat Tahun Baru Imlek-Image-1
Pakaian Apa yang Harus Dipakai Saat Tahun Baru Imlek. Sumber: Baidu

Beijing, Bolong.Id - Salah satu kebiasan warga saat Imlek adalah membeli baju. Melambangkan meninggalkan yang lama, menyambut yang baru.

Dilansir dari China Highlights, di zaman kuno, tidak jarang orang hanya memiliki satu atau dua set pakaian sepanjang tahun. Pada Tahun Baru Imlek saat beli pakaian.

Dulu, tradisi di Tiongkok ini biasanya dilakukan para istri atau ibu-ibu yang biasanya merajut baju baru untuk keluarga menjelang Tahun Baru Imlek.

Saat ini, meskipun hal ini mungkin masih dilakukan oleh anggota keluarga yang lebih tua, tradisi tersebut sering diganti dengan berbelanja baju baru.


Kapan saat yang tepat memakai baju baru?

Setiap pakaian baru yang didapat harus dipakai pada hari pertama Tahun Baru Imlek, dan Piyama baru boleh dipakai untuk tidur pada Malam Tahun Baru Imlek.


Apa yang harus di pakai saat Tahun Baru Imlek Tradisional tiba?

Tidak ada kriteria khusus untuk jenis atau gaya pakaian baru apa yang harus dibeli, dan hampir semua hal yang modis atau sedang bergaya, tetapi sebaiknya bukan pakaian yang sengaja robek atau usang.

Di masa lalu, banyak orang akan menyimpannya pakaian tradisional Tionghoa, dan menggunakannya secara khusus sebagai gaun Tahun Baru Imlek. Masih mungkin untuk melihat orang tua membuat pakaian seperti itu di sekitar hari raya, atau oleh orang-orang yang mungkin lebih religius/ tradisional.

Apa Warna Baju yang digunakan saat Imlek?

Pakaian Merah Adalah Suatu Keharusan

Salah satu praktik umum berkaitan dengan pakaian yang masih bisa disaksikan hingga saat ini sebagian besar adalah penggunaan warna merah. Seperti yang mungkin sudah sangat terkenal, merah adalah warna keberuntungan Tiongkok teratas dan mewakili kekuatan dan kemakmuran.

Setelah festival berlalu, banyak yang mungkin kembali ke pakaian berwarna normal. Namun, ada pengecualian. Untuk individu yang lahir pada tahun yang sama dengan hewan zodiak Tionghoa tahun kalender Tiongkok ini (2023 adalah Tahun Kelinci), memasukkan warna merah ke dalam mode sehari-hari adalah hal biasa selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan sepanjang tahun.

Hal ini biasanya dilakukan dengan memakai celana dalam/pakaian dalam dan kaos kaki berwarna merah atau mengganti sol bagian dalam sepatu dengan yang berwarna merah. Ini secara tradisional diyakini membawa keberuntungan sepanjang tahun.

Pakaian Emas adalah Pilihan

Jika warna merah tidak cukup berkelas untuk Anda, pilih warna emas. Selain terlihat cerah, emas adalah warna yang mewah dan konon melambangkan kekayaan. Tidak ada cara yang lebih baik untuk tampil keren di Tahun Baru selain mengenakan pakaian yang akan membuat Anda terlihat seperti jutaan dolar.

Hal tabu tentang pakaian Tahun Baru Imlek apa Saja?

Jangan Pakai Hitam

Jangan pernah mengenakan pakaian berwarna hitam saat tahun baru Imlek karena biasanya dipakai saat pemakaman. Warnanya telah dikaitkan dengan kematian. Itu dianggap tidak beruntung.

Jangan Beli Sepatu Baru

Di beberapa wilayah selatan, membeli (dan memakai) sepatu baru mungkin dianggap sebagai kesialan, atau Tabu Tahun Baru Imlek.

Pakaian Rusak Adalah Larangan Besar

Dilarang memakai pakaian rusak termasuk jeans robek. Pakaian yang rusak dikatakan menarik kesialan.(*)

<<