Lama Baca 4 Menit

Dirjen Imigrasi RI Silmy Karim Kunjungi PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen

19 October 2023, 11:22 WIB

Dirjen Imigrasi RI Silmy Karim Kunjungi PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen-Image-1
Silmy Karim didampingi Jajaran internal Ditjen Imigrasi Melakukan Kunjungan Kerja ke PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen

Shenzhen, Bolong.Id - Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM Indonesia, Silmy Karim melakukan kunjungan kerja bersama rombongan ke PT Huawei Tech Invesment di Shenzhen, Tiongkok, 25 dan 26 September 2023.

Kedatangan Silmy Karim memenuhi undangan dari PT. Huawei Tech Invesment.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 7 jam, rombongan akhirnya tiba di Hong Kong International Airport yang langsung disambut oleh beberapa atase Imigrasi dari beberapa Kantor Perwakilan. Lantas bertolak ke Shenzhen.

PT. Huawei Tech Invesment adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang peralatan jaringan dan telekomunikasi yang didirikan pada Tahun 1987 oleh Ren Zhengfei. 

Ren Zhengfei adalah mantan engineer dari People‚Äôs Liberation Army. 

Pada awalnya Huawei hanya berfokus pada produksi phone switches yang kemudian berkembang menjadi bisnis pembuatan jaringan telekomunikasi yang besar yang telah menjangkau lebih dari 170 negara dan melayani 35 operator telekomunikasi teratas di dunia.

Dirjen Imigrasi RI Silmy Karim Kunjungi PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen-Image-2
Silmy Karim didampingi Jajaran internal Ditjen Imigrasi Melakukan Kunjungan Kerja ke PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen

Silmy Karim dan rombongan meninjau langsung PT Huawei Tech Investment Facilities dimana kegiatan ini adalah mengunjungi Exhibition Hall yang mempertunjukkan Transformasi Digital dan Pelayanan Publik.

Pihak Huawei sendiri memperkenalkan beberapa teknologi yang saat ini sudah dipakai oleh beberapa negara, seperti contohnya Sistem Pengelolaan Lalu Lintas, Sistem Pengelolaan Pertambangan, Sistem Pengelolaan Bandar Udara (Airport), Sistem Pengelolaan Pelabuhan (Sea Port), Smart Car hingga Green and Smart City. 

Dalam hal ini pihak Huawei juga menawarkan kesediaanya untuk turut serta mendukung Pembangunan Ibu Kota yang baru di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Silmy Karim dan rombongan juga diajak untuk melihat secara langsung Songhua Lake Campus yang mana tempat tersebut merupakan pengelolaan sumber daya manusia. 

Selain menghasilkan teknologi yang canggih, pihak Huawei juga menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas. 

Dalam beberapa tahun belakangan ini pihak Huawei banyak memberikan beasiswa ke beberapa negara bagi meraka yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh PT. Huawei.

Dirjen Imigrasi RI Silmy Karim Kunjungi PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen-Image-3
Silmy Karim didampingi Jajaran internal Ditjen Imigrasi Melakukan Kunjungan Kerja ke PT. Huawei Tech Invesment di Shenzhen

Disampaikan juga bahwa Silmy Karim sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan pihak Huawei kepada Direktorat Jenderal Imigrasi sehingga menambah wawasan kami terhadap teknologi yang dikembangkan oleh Huawei. 

Kunjungan ke kantor pusat Huawei dijadikan pula sebagai pembelajaran dan ilmu baru bagi Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memahami secara langsung tentang transformasi digital.

PT Huawei Tech Investment menunjukkan teknologi terkini, pengalaman global dan strategi komprehensif yang diharapkan dapat diterapkan dalam transformasi digital dan pengelolaan sumber daya manusia di Indonesia khususnya pada Direktorat Jenderal Imigrasi. (*)