Baca dalam 3 menit

China Blokir Aplikasi Clubhouse

Waktu Publish : 22 Feb 2021, 00:01 WIB
Sumber : Liputan6
SHARE ARTIKEL

Aplikasi Clubhouse - Image from berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami


Beijing, Bolong.id - Dikutip dari VOA Indonesia Sabtu (19/2/2021), otoritas Tiongkok mengumumkan bahwa aplikasi Clubhouse tidak diizinkan untuk beroperasi di wilayahnya. Aplikasi yang sedang sangat populer dan ramai diperbincangkan oleh masyarakat dunia ini dilarang Beijing demi mencegah provokasi yang mudah terjadi di aplikasi untuk diskusi terbuka itu.

Selain tidak ingin rakyatnya menyerap pandangan-pandangan dan informasi yang jauh dari batasan-batasan Partai Komunis, Tiongkok juga tidak ingin memberikan ruang provokasi pada isu-isu sensitif seperti penempatan warga Uighur di kamp konsentrasi di Xinjiang, China gerakan pro-demokrasi Hong Kong, dan protes Alun-Alun TienAnMen pada 1989.

Apalagi, tidak seperti cuitan Twitter, aplikasi dengan konsep obrolan audio tersebut tidak memuat catatan publik dari pesan-pesan audio yang telah diunggah. Menurut blog Stanford Internet Observatory, hal ini dapat menyulitkan pemantauan resmi oleh pihak berwenang.

Para pengamat menilai, langkah ini menunjukkan bahwa pemerintah Tiongkok merasa terancam oleh kemungkinan diskusi bebas di Clubhouse dan memperlihatkan keinginan Tiongkok untuk mengontrol rakyatnya yang semakin paham akan privasi dan menghindari kendali pada aktivitas digitalnya. Pemerintah tentu khawatir kendali mereka atas diskusi atau wacana publik dapat melemah.

Adapun hanya segelintir penduduk Tiongkok yang memiliki akses ke aplikasi Clubhouse. Bukan hanya aplikasi ini hanya dapat diakses oleh calon pengguna yang mendapat undangan dari pengguna aplikasi, di Tiongkok sendiri aplikasi ini hanya dapat digunakan dengan smartphone IPhone yang terdaftar di luar negeri. Meski demikian, Beijing dengan sigap memblokir Clubhouse. (*)


Esy Gracia/Penulis

Terkait

technology

Clubhouse Kirim ID Pengguna ke China?

  • Visco Joostensz
  • 18 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong