Baca dalam 3 menit

Begini Cara Menghentikan Mimisan yang Benar

Waktu Publish : 25 Jul 2021, 08:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Penanganan Mimisan - Image from Dari berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Bolong.id - Belum lama ini, diberitakan seorang anak laki-laki berusia 3 tahun di Hunan meninggal karena tindakan yang tidak benar ketika mimisan. Dilaporkan bahwa ternyata setelah hidung berdarah, anak itu mengangkat kepalanya untuk menghentikan pendarahan. Akibatnya, darah mengalir ke tenggorokan, membentuk gumpalan dan menyumbat trakea. Meski sempat dibawa ke rumah sakit, ia tidak terselamatkan.

Dilansir dari Beijing Youth Daily, saat mimisan, banyak orang biasanya mengangkat kepala. Ternyata, tidak hanya salah, cara ini bisa jadi sangat berbahaya. Mengangkat kepala akan menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan, perut dan organ lainnya sehingga dapat menyebabkan iritasi, tersedak atau muntah, dan dalam kasus yang parah, masuk ke trakea dan paru-paru.

Ketika cuaca panas, seringkali orang berada di ruangan ber-AC untuk waktu yang lama. Akibatnya, mukosa hidung kering, kapiler melebar, dan hidung rentan berdarah. Para dokter di Pusat Darurat Beijing mengingatkan, anak-anak memiliki kapiler rongga hidung lebih rapuh daripada orang dewasa dan banyak anak-anak yang suka mengorek lubang hidung mereka, sehingga pembuluh darah mukosa hidung mungkin pecah dan mengakibatkan pendarahan hidung atau mimisan. Maka, orang tua perlu lebih memperhatikan anak-anaknya di kondisi ini.

Lantas, bagaimana cara menghentikan mimisan dengan benar?

Menurut dokter terkait, ketika mimisan, kepala harus tetap tegak atau sedikit ke depan. Bagian depan sisi hidung yang berdarah juga harus ditekan dari luar hidung dengan jari selama lima sampai sepuluh menit. Setelah mimisan, Anda dapat menggunakan kompres dingin di bagian atas hidung dalam jangka waktu 24 jam untuk mengurangi pendarahan dan kemudian menggantinya dengan kompres panas untuk mengurangi penyumbatan dan pembengkakan. Jika Anda mencurigai adanya patah tulang hidung, Anda tidak perlu menepuk hidup untuk menghentikan pendarahan, cukup miringkan kepala ke depan dan berikan kompres dingin pada hidung. Jika aliran darah tidak kunjung berhenti atau Anda sering mengalami pendarahan, segera periksakan diri Anda ke dokter.(*)



Informasi seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong