Baca dalam 2 menit

Gempa Magnitudo 5,7 SR Guncang Bitung

Waktu Publish : 11 Oct 2021, 22:59 WIB
SHARE ARTIKEL

Gempa di Bitung - Image from Dari berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Gempa bumi magnitudo 5,7 skala richter terjadi di Bitung, Sulawesi Utara, Senin, 11 Oktober 2021 pukul 19.34 WIB. Warga sempat panik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung melaporkan, warga merasakan guncangan selama 2-4 detik. Untungnya, situasi sudah kondusif dan masyarakat kembali ke rumah masing-masing.

Berdasarkan parameter gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada 132 km tenggara Bitung dengan kedalaman 10 km.

Dilihat dari kekuatan guncangan yang diukur dengan MMI atau Modified Mercally Intensity, gempa berintensitas IV MMI dirasakan di Bolaang Mongondow, III MMI di Bitung dan Minahasa, serta II – III MMI di Ternate, Manado dan Airmadidi. Adapun semakin tinggi MMI, potensi dampak akan semakin besar.

Sementara itu, analisis inaRISK menyebutkan, Kota Bitung memang merupakan wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Sebanyak 8 kecamatan di kota ini berada pada kategori tersebut, di antaranya Madidir, Matuari, Girian, Lembeh Selatan, Lembeh Utara, Aertembaga, Maesa dan Ranowulu.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong