Baca dalam 4 menit

Gempa 6,0 SR di Sichuan, 3 Tewas 60 Terluka

Waktu Publish : 17 Sep 2021, 08:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Reruntuhan akibat gempa di Sichuan - Image from 中国甘肃网

Chengdu, Bolong.id - Tiga orang dipastikan tewas dan 60 dilarikan ke rumah sakit, akibat gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter di Kabupaten Luxian, Kota Luzhou, Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya.

Dilansir dari 中国银行保险报 pada Kamis (16/09/2021), di antara mereka yang dirawat di rumah sakit, tiga terluka parah, menurut biro manajemen darurat kota.

Administrasi Gempa Tiongkok telah mengirimkan tim kerja untuk memandu pekerjaan bantuan bencana di lokasi. Sebanyak 890 komandan dan pejuang dari brigade pemadam kebakaran dan penyelamatan terdekat telah dikerahkan, sementara 4.600 petugas penyelamat lainnya bersiaga.

Sampai dengan pukul 08.30 WIB, jumlah kerugian mencapai -- 737 rumah ambruk, 72 rumah rusak berat, dan 7.290 rusak berat.

Dinding dan rumah yang runtuh terlihat dalam perjalanan ke Kotapraja Jiaming yang dilanda hujan di daerah pusat gempa. Listrik di sebagian besar rumah di kota telah dihentikan. Rak-rak toko yang jatuh karena gempa, tergeletak berserakan di sepanjang jalan. Warga terlihat membersihkan lokasi yang berantakan.

Di tengah hujan lebat di Kotapraja Fuji, petugas penyelamat pergi dari pintu ke pintu mencari orang-orang di rumah yang rusak dan memindahkan mereka ke tempat penampungan sementara. Di tempat penampungan, para pekerja membagikan kue bulan dan makanan lainnya kepada orang-orang yang terkena dampak.

Lai Jianrong, seorang penduduk lokal Fuji, mengatakan kepada wartawan Xinhua bahwa dia mengalami getaran ringan sekitar pukul 4 pagi, dan berlari tanpa alas kaki dengan mengenakan baju tidurnya ketika getarannya semakin kuat.

"Beberapa batu bata jatuh dari dinding dan saya tidak berani masuk lagi," katanya. Dia dipindahkan ke tempat penampungan sementara di pagi hari.

Lebih dari 6.900 penduduk yang terkena dampak telah direlokasi, dan lebih dari 10.000 orang telah dipindahkan ke tempat penampungan sementara pada Kamis pagi, menurut pemerintah setempat.

Menurut Pusat Jaringan Gempa Tiongkok, gempa terjadi pada pukul 04.33 pagi. Pusat gempa terpantau di 29,2 derajat lintang utara dan 105,34 derajat bujur timur. Gempa terjadi pada kedalaman 10 km.

Disetujui oleh pemerintah provinsi, markas besar bantuan gempa Sichuan telah mengaktifkan respons tingkat II, tertinggi kedua dalam sistem tanggap darurat gempa empat tingkat Tiongkok.

Stasiun kereta api berkecepatan tinggi Luzhou telah ditutup, menurut otoritas kereta api.

Semua tambang batubara telah diperintahkan untuk menghentikan operasi bawah tanah dan mengevakuasi para penambang.

Zhang Zhiwei, wakil kepala administrasi gempa Sichuan, mengatakan gempa itu, tidak seperti Gempa Wenchuan dan Gempa Lushan yang menghancurkan di provinsi itu, terjadi di zona patahan Gunung Huaying.

Sebuah analisis ahli menyimpulkan bahwa gempa bumi yang lebih serius tidak mungkin terjadi di daerah tersebut, tetapi gempa susulan dapat terjadi. (*)

Terkait

news

Gempa Magnitudo 5,7 SR Guncang Bitung

  • Esy Gracia
  • 11 Oct 2021

news

Gempa 6,0 SR di Sichuan, 2 Orang Meninggal dan 3 Orang Luka-...

  • Visco Joostensz
  • 16 Sep 2021

news

Gempa 4,5 SR Guncang Bijie, China

  • Djono W. Oesman
  • 21 Aug 2021

news

Haiti Diguncang Gempa 7,3 SR

  • Djono W. Oesman
  • 18 Aug 2021

culture

SEJARAH: 1959 Banjir Besar Melanda Taiwan Tengah dan Selatan

  • Lupita
  • 07 Aug 2021

news

Gempa 4,8 SR Goyang Guangxi China Tanpa Korban Jiwa

  • Djono W. Oesman
  • 05 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong