Baca dalam 2 menit

SEJARAH: 1890 Lahirnya Li Da, Salah Satu Pendiri Partai Komunis Tiongkok

Waktu Publish : 02 Oct 2021, 08:03 WIB
SHARE ARTIKEL

Li Da - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Yongzhou, Bolong.id - Hari ini, 131 tahun yang lalu, pada 2 Oktober 1890, Li Da, salah satu pendiri Partai Komunis Tiongkok, lahir.

Dilansir dari 查询工具大全, Li Da (1890 – 1966) adalah seorang filsuf Marxis Tiongkok. Ia lahir di Yongzhou, Hunan pada tanggal 2 Oktober 1890.

Dia bahkan sempat memimpin Agitbiro, bagian dari Politburo (sebuah organisasi eksekutif partai politik terutama komunis di tingkat global) setelah berdirinya Partai Komunis Tiongkok. Meskipun Li Da meninggalkan Partai Komunis pada 1920-an karena reformismenya, dia mempertahankan hubungan dekat dengan partai dan aparat gerilyanya.

Li Da menerjemahkan banyak karya Marxis Eropa ke dalam bahasa Tiongkok. Karya Li Da yang paling penting adalah Elemen Sosiologi, yang memiliki pengaruh besar kepada Mao Zedong. Li Da juga membantu mempopulerkan Filsafat Baru yang dominan di Uni Soviet pada 1930-an.

Setelah tahun 1949 Li Da bergabung kembali dengan PKT. Dia dikritik habis-habisan dan dipukuli pada awal Revolusi Kebudayaan dan meninggal pada 1966. Nama dan reputasinya dipulihkan kembali secara anumerta atau dengan penghargaan setelah kematian Mao Zedong.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Ratusan Ribu Anak Muda Ogah Belanja di Singles Day

  • Djono W. Oesman
  • 12 Nov 2021

lifestyle

The Pioneer, Film Tentang Li Dazhao

  • Esy Gracia
  • 25 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong